blank

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ditengah menghadapi pendemi Covid 19, kurang lebih sebanyak 1.500 bungkus daging qurban dibagikan oleh Kepolisian Daerah Jawa Tengah kepada warga dan masyarakat di sekitar asrama Mako Brimob, Polda Jateng. Selaim itu, dibagikan pula Kepada yayasan dan panti asuhan serta karyawan PNS maupun PHL dan Bintara Polri Polda Jawa Tengah.

“Rencana pendistribusian mulai hari ini pukul 13.00 Wib, tepatnya setelah pelaksanaan Shalat Jum’at. Dan untuk jumlah hewan qurban, Polda Jateng menyembelih sebanyak 221 ekor sapi dan kerbau serta Kambing sebanyak 519,” jelas Ketua Panitia Qurban, Karo SDM Polda Jateng, Kombes Pol. Drs. Iriansyah, SH usai pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 H, di Mako Brimob Polda Jateng, Srondol, Banyumanik, Kota Semarang, Jum’at (31/7)

Dengan Memperhatikan Protokol Kesehatan yang ketat, sholat Idul Adha Polda Jateng dilaksanakan di Lapangan Mako Brimob, Srondol, Banyumanik Semarang dengan khotib Wakil Ketua BAZNAS Prov Jateng, K.H. Dr. Drs. Rosihan, S.H. M.Ag. dihadiri oleh Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, Pejabat Utama Polda Jateng, Anggota Brimob Srondol Semarang serta Masyarakat sekitar Mako Brimob.

blankDalam penyampaian khotbahnya, K.H. Rosihan menjelaskan tentang intisari dari kewajiban berqurban umat muslim. Tentang kesabaran umat manusia dalam menghadapi ujian dari Sang Pencipta, Allah SWT.

“Sabar adalah sebuah pengorbanan, seperti dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, Ketika Nabi Ibrohim mendapat Perintah Allah SAW Menyembelih Putranya Nabi Ismail, sangat berat akan tetapi Beliau Baik Nabi Ibrohim dan Nabi Ismail Iklas dan Sabar, akan tetapi Korban Manusia terlalu mahal maka Allah SWT menggantikan dengan Hewan Korban.” jelas K.H. Rosihan dalam khotbahnya.

Dalam folosofinya, menyembelih hewan qurban, yang disembelih sebenarnya adalah sifat sifat Kehewanan kita (manusia. red.), apalagi saat ini masih dalam situasi Pandemi COVID-19 kita harus menyikapi dengan sabar dan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan dan jangan mengorbankan kehidupan masyarakat di lingkungan kita dengan tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi, jangan sampai disaat Pandemi COVID-19 ini, kita bersifat seperti binatang,” kata K.H. Rosihan menegaskan pesan khotbahnya.

Dan pada kesempatan itu usai sholat Idul Adha, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi secara simbolis menyerahkan hewan Qurban dan pembagian Hewan Kurban secara simbolis sebanyak 10 ekor Sapi dan 14 ekor Kambing kepada Panitia Qurban Polda Jateng. Yang selanjutnya diserahkan kepada tenaga ahlinya untuk dilakukan penyembelihan, dibantu oleh anggota Sat. Brimob.

“Untuk penyembelihan di Sat. Mako Brimob saat ini akan dilakukan penyembelihan sebanyak ekor 10 Sapi dan 14 ekor kambing.” ucap Kombes Pol. Drs. Iriansyah.

(Absa_Smg)