Andrea Pirlo/dok

TURIN (SUARABARU.ID) – Andrea Pirlo pulang ke Juventus, dan memulai karier kepelatihan sebagai coach tim U-23 Si Nyonya Tua. “Petualangan baru untuk Andrea Pirlo dan Juventus dimulai. Setelah lima tahun berpisah, kami bekerja sama lagi,” demikian pernyataan resmi Juve. “Andrea adalah pelatih baru tim U-23 kami. Tantangan besar ada di depan kami, dan kami senang dia bisa kembali. Selamat datang kembali, coach Pirlo!”

Dia menggantikan posisi Fabio Pecchia yang diberhentikan selepas skuad U-23 Bianconeri atau biasa disebut Juve B gagal promosi ke Seri B. Padahal Pecchia, yang juga mantan penggawa Si Kuda Zebra, sukses memberikan trofi Piala Italia Seri C. Penunjukan Pirlo sebagai pelatih memang atas rekomendasi langsung Presiden Juve Andrea Agnelli.

Agnelli terinspirasi jalan karier Zinedine Zidane dan Pep Guardiola. Kedua pelatih top itu mengawali kariernya di tim yunior. Zidane bersama Real Madrid Castilla, sedangkan Guardiola di Barcelona B. Setelah naik ke tim senior, karier keduanya melesat.

Zidane dan Guardiola sama-sama punya persamaan posisi saat bermain dengan Pirlo, yakni gelandang. Ketiganya juga disebut-sebut sebagai gelandang genius yang pernah dilahirkan di lapangan hijau. Kini, mimpi Pirlo untuk jadi pelatih akhirnya terwujud.

Selepas pensiun pada 2017 sebagai pemain New York City FC, dia belum mendapat kesempatan untuk melatih. Pria 42 tahun ini pernah membela Juve sedari 2011 hingga 2015 setelah dilepas AC Milan. Pirlo tampil 164 kali dengan torehan 19 gol dan memberikan empat gelar Seri A, satu Coppa Italia, dan sebuah Piala Super Italia. (rr)