Takmir Masjid Al Mukmin, Wankamari (kiri), menerima penyerahan hewan kurban dari Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kedua dari kiri).
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Penyerahan hewan kurban dari jajaran Polres Wonogiri, Jumat (31/7), dilakukan oleh Kapolres AKBP Christian Tobing, di Masjid Al Mukmin, Lingkungan Sukorejo, Kelurahan Giritirto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Ini dilakukan dalam rangkaian penyambutan Hari Raya Idul Adha 1414 H. Kasi Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, jumlah hewan kurban yang diserahkan berupa tiga ekor sapi dan 27 ekor kambing.

Secara simbolis, hewan korban dari jajaran insan Bhayangkara tersebut, diterimakan kepada Takmir Masjid Al Mukmin, Wankamari. Jajaran Polres Wonogiri, merayakan Idul Adha 1441 H, dengan mengambil tema: ”Nilai- nilai pengorbanan keikhlasan pengabdian insan Bhayangkara bertaqwa”.

Hadir mendampingi Kapolres dalam penyerahan hewan kurban tersebut, Wakapolres Kompol Edi Wibowo, Kabag Ops Kompol Agus Pamungkas, Kabag Sumda Kompol Hadijah Sahab,. Kabag Ren Kompol Dwi Retnowati, Kasat Intelkam AKP Purnomo, Kasat Narkoba AKP Suharjo.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Mukmin Kompleks Mapolres Wonogiri lama, mendapatkan pengawasan langsung dari tim kesehatan hewan Disnakperla.

Takmir Masjid
Juga hadir Kasat Binmas AKP Surono, Kasat Sabhara AKP Sugihantoro, Kasi Propam Iptu Soepardi, Kasi Humas Polres Iptu Suwondo, Kepasla Dinas Peternakan Perikanan Kelautan (Nakperla) Kabupaten Wonogiri, Sutardi, berikut pengurus Takmir Masjid Al Mukmin serta juru sembelih Prapto Utomo, Budiharjo dan Rosid.

Kapolres AKBP Christian Tobing, berpesan agar pembagian daging kurban dapat tepat sasaran, termasuk warga kurang mampu yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Dikemukakan oleh Kapolres, wabah virus corona telah memberikan dampak luas terhadap sendiri-sendiri kehidupan masyarakat.

Dampak wabah corona, juga  menjadikan ekonomi masyarakat terpuruk, pengangguran meningkat, bahkan kegiatan belajar mengajar pun tidak dapat dilaksanakan secara optimal. Dari hari ke hari, tambah Kapolres, jumlah orang terpapar Covid-19 makin meningkat, orang yang meningal dunia pun semakin bertambah. ”lnl menjadi keprihatinan kita bersama,” tegas Kapolres.

Kepada panitia kurban, Kapolres, minta agar mematuhi protokol kesehatan pencegahan corona. ”Pakailah selalu masker, ciptakan kebersihan, dan jaga jarak,” ujarnya sembari menambahkan itu demi menjaga kesehatan bagi semuanya.

Sapi dan Kambing
Takmir Masjid Al Mukmin, Wankamari, menyatakan, disamping menerima hewan kurban dari Polres Wonogiri 3 ekor lembu dan 27 ekor kambing, juga menerima hewan kurban dari umat yang jumlahnya sebanyak 6 ekor sapi dan 36 ekor kambing.

Para anggota Polwan Polres Wonogiri bersama ibu-ibu Bhayangkari, ikut membantu mengiris-iris daging hewan kurban, sebelum kemudian dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya.

Untuk hewan kurban kali ini, juga distribusikan ke Masjid LDII Wonogiri, Masjid An Nur Kecamatan Tirtomoyo, Ponpes Tertib Lalu Lintas Manjung Wonogiri, Masjid Al Ikhlas Kecamatan Pracimantoro, Ponpes Hidayatun Nur, Widoro Kecamatan Sidoarjo dan Masjid Al Mujahidin, Guotirto, Kecamatan Giriwoyo.

Sebagaimana pada pelaksanaan Salat IIdul Fitri 14141 lalu, ibadah salat Idul Adha di Kabupaten Wonogiri, digelar di masjid dan halaman masjid. Ini sesuai dengan anjuran Kantor Kemenag Wonogiri untuk tidak menggelar salat Idul Adha di lapangan.Penyelenggaran salat Idul Adha harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sementara itu, Sertu Agus dan Koptu Rofaid dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, Jumat (31/7), bertugas mengamankan jalannya salat Idu Adha di Masjid Nur Iman. Pengamanan dilakukan bersama jajaran Polsek Pracimantoro pimpinan Kapolsek AKP Setiyono.

Bambang Pur