blank
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat menyerahkan seekor kerbau untuk hewan kurban kepada pengurus Masjid Agung Kudus. foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Merayakan Idul Adha di era pandemi memang menjadi tantangan tersendiri. Hari raya yang biasanya identik dengan berkumpul dan berlibur, kali ini harus dibatasi demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Imbauan agar masyarakat Kabupaten Kudus tidak memanfaatkan hari libur Iduladha dengan bepergian ke tempat wisata disampaikan Plt Bupati Kudus HM Hartopo kala memberi sambutan usai menunaikan Salat Idul Adha di Masjid Agung Kudus, Jum’at (31/7).

Pihaknya meminta agar masyarakat ekstra hati-hati dan selalu menjalankan protokol kesehatan. Oleh karena itu, hendaknya masyarakat Kabupaten Kudus menenangkan diri untuk tidak berlibur karena virus masih ada dimana-mana.

Meskipun termasuk libur panjang, masyarakat diminta untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Apalagi, kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus masih tinggi.

“Kami minta kesabaran dan kedisiplinan masyarakat untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Jangan ceroboh dan jangan liburan dahulu, waktunya tidak tepat,” ucapnya.

Paling penting, masyarakat diajak untuk menjaga kebersihan untuk terhindar dari Covid-19. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, dan jaga jarak. Hal tersebut juga sesuai dengan hadits yang menerangkan bahwa kesehatan merupakan sebagian dari iman.

“Mari kita tetap pakai masker dimanapun berada, mencuci tangan pakai sabun dan jaga jarak. Ingat, kebersihan merupakan sebagian dari iman,” tuturnya.

blank
Pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Agung Kudus tetap mematuhi protokol kesehatan.foto:Suarabaru.id

Selain itu, Hartopo juga mengingatkan umat muslim untuk mengambil hikmah atas ujian dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail dalam upaya taqwa kepada Allah SWT. Pihaknya mengajak umat untuk merelakan sesuatu yang berharga karena semuanya merupakan titipan dari Allah SWT.

Pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Agung Kudus berjalan dengan tertib dan sangat memperhatikan protokol kesehatan. Usai melaksanakan salat, Hartopo menyerahkan hewan qurban kepada ketua takmir Masjid Agung Kudus, Noor Badi.

Pihaknya berharap hewan qurban dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama masyarakat terdampak Covid-19. Plt Bupati juga berpesan agar saat penyembelihan dan pembagian hewan qurban nanti protokol kesehatan harus terus diterapkan.

“Semoga hewan qurban ini bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan terutama yang terdampak Covid-19. Tolong nanti selama penyembelihan dan pembagian hewan qurban tetap melaksanakan protokol kesehatan. Semoga semua panitia qurban dan seluruh masyarakat Kabupaten Kudus sehat walafiat, tak kurang suatu apapun,” ujarnya

Tm-Ab