blank
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto, yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Jateng, saat membagikan daging kurban kepada perwakilan warga. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 12 ekor sapi dan dua kambing dari DPD PDI Perjuangan Jateng, disalurkan pada warga kurang mampu, pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah kali ini. Jumlah hewan yang dikurbankan di masa pandemi covid-19 ini, justru melonjak naik bila dibanding tahun lalu.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto mengatakan, karena masih dalam masa pandemi covid-19, teknis penyembelihan dan pendistribusian daging kurban dilakukan secara berbeda.

”Seluruh hewan kurban disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Penggaron Semarang. Selanjutnya daging kurban didistribusikan ke 16 PAC se-Kota Semarang,” ujarnya, sebelum melepas mobil distribusi daging kurban di Panti Marhaen, Jumat (31/7/2020).

BACA JUGA : Polda Jateng Bagikan 1.500 Bungkus Daging Kurban untuk Masyarakat

Pria yang akrab disapa Bambang Kribo ini menambahkan, pihaknya tak membagikan daging kurban secara langsung ke masyarakat. ”Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tidak dibagikan langsung ke Panti Marhaen. Sebab dengan cara itu, protokol kesehatan sulit dilaksanakan,” kata Ketua DPRD Jateng itu.

Sebanyak 12 sapi kurban itu berasal dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto (dua ekor), Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Kusriyanto, DPD PDI Perjuangan Jateng serta Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng;

Selain itu ada pula dari Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri, Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto, anggota Komisi C DPRD Jateng Abang Baginda, anggota Komisi C DPRD Jateng Maria Tri Mangesti, anggota DPR RI Dede Indra Permana, anggota DPD RI Casytha Arriwi Kathmandu, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Sementara dua ekor kambing masing-masing dari anggota DPRD Jateng Sulistyorini dan kader PDI Perjuangan Seto.

blank
Salah satu sapi kurban dari Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto, yang ada di RPH Penggaron, Semarang. Foto: riyan

Rapid Test
Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Jateng, Ali Akhsun menambahkan pendistribusian kurban dilakukan dengan cara berbeda, karena pihaknya tak ingin memunculkan klaster baru covid-19. Seluruh panitia kurban juga telah menjalani rapid test sebelum bertugas.

”Kami siapkan empat mobil pikap dan satu mobil boks, untuk mengirim daging kurban ke 16 PAC Kota Semarang. Selain itu juga, ke beberapa pondok pesantren, panti asuhan, dan warga yang membutuhkan selama di perjalanan,” ungkapnya.

Dikatakannya, jumlah hewan kurban tahun ini hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Pada Idul Adha tahun lalu, DPD PDI Perjuangan Jateng berkurban tujuh ekor sapi.

”Ini pecah rekor. Pertimbangannya karena ada pandemi covid-19, lebih banyak orang yang membutuhkan, sekaligus banyak juga yang peduli berkurban,” tukas Ali.

Riyan