blank
Komjen. Pol. Gatot Edi Pramono memberikan keterangan saat kunjungan kerja pemantauan arus mudik Idul Adha 1441 H di wilayah hukum Polda Jawa Tengah

BREBES (SUARABARU.ID) – Untuk antisipasi arus mudik Idul Adha 1441, terutama jalur darat, Wakapolri Komjen. Pol. Gatot Edi Pramono dan Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi laksanakan pemantauan arus mudik di Tol Brexit, Brebes. Kamis (30/7)

“Selain mengecek dan memantau arus lalulintas, Wakapolri membagikan bingkisan kepada anggota Polri, TNI dan Petugas Tol di Brexit Tol Brebes Timur.” jelas Kadivhumas Polri Irjen .Pol. Raden Argo Yuwono. di lokasi kunjungan.

Disampaikan pula oleh Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Arman Achdiat, bahwa jajarannya telah menyiapkan puluhan Rest Area di sepanjang jalan Tol untuk menghindari kemacetan selama Arus Mudik Idul Adha 1441 H.

“Kami telah menyiapkan 20 Rest Area di sepanjang jalan Tol. Bila ada kepadatan lalulintas di tol, maka kami akan membuka di pintu tol Cirebon dan sudah kami siapkan rekayasa lalu lintas yang akan menuju Banyumas.” ujar Dirlantas Polda Jateng.

“Ada 62 Objek Wisata yang dikelola oleh pengusaha wisata. kami laksanakan himbauan dan pengamanan bila terjadi kepadatan masa. Juga menyiapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Menurut Wakapolri Komjen Pol. Drs. Gatot Edi Pramono, perayaan Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun~tahun sebelumnya. Karena masyarakat merayakanya dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Perayaan Idul Adha 1441 H kali ini bertepatan dengan hari libur Sabtu dan Minggu, sehingga tidak menutup kemungkinan ada masyarakat yang pulang kampung atau berkegiatan ke tempat-tempat wisata sehingga mobilisasi masyarakat akan meningkat.” ungkap Wakapolri.

“Tadi kami juga sempat ke Cikopo. Arus mudik disana ada kenaikan kurang lebih sebesar 39% dibanding tahun lalu. Hal ini karena tahun lalu perayaan Idul Adha hanya satu hari sedangkan tahun ini ada 3 hari yaitu Jumat, Sabtu-Minggu.” tambahnya

Sementara Kapolda Jeteng menyampaikan, peningkatan arus mudik saat ini mencapai 20% dari biasanya.

“Setelah kita pantau melalui udara Arus mudik di Tol Brexit sendiri terjadi peningkatan sebesar 20%. Namun sangat normal dan tidak ada hambatan sama sekali.” jelas Ahmad Luthfi.

Wakapolri menghimbau agar Polda Jawa Tengah melakukan kegiatan pengamanan terkait dengan arus mudik untuk hindari terjadi kecelakaan maupun gangguan kamtibmas lainya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Begitu pula dengan masyarakat yang melakukan kegiatan liburan di tempat~tempat wisata tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Sedangkan Polda Jawa Tengah sendiri telah menyiapkan rencana pengamanan arus mudik disinergikan dengan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2020 yang mengedepankan langkah-langkah yang persuasif dan humanis.

Dalam pelaksanaan pemantauan kegiatan tersebut, Wakapolri dan Kapolda Jateng didampingi oleh jajaran pejabat utama Polda Jateng. Karoops Polda Jateng Kombes. Pol. Drs Firly Ruspang Samosir, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Arman Achdiat serta jajaran Kapolres dan Kasat Lantas Se Ex. Karesidenan Pekalongan.

Absa_Smg