blank
Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa sedang melakukan penandatanganan zona integritas.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan Penguatan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), bertempat di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, Rabu (30/07).

Acara ini dihadiri Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., Wakil Bupati Kendal, Drs., H. Masrur Masykur, Ketua DPRD Kendal, H. Muhamammad Makmun, dan Forkopimda Kendal, serta diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Kabupaten Kendal dan camat se-Kabupaten Kendal.

Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Kendal, Sugeng Prayitno, mengatakan, tujuan diadakanya kegiatan ini agar seluruh pihak dan masyarakat dapat memantau mengamati dan ikut serta dalam program reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan meningkatkan pelayan publik.

Selain itu, juga sebagai acuan bagi seluruh instansi pemerintahan dan pemangku kepentingan lainnya dalam membangun zona integritas menuju WBK atau WBBM, dan memberikan kesepahaman serta tindakan dalam membangun zona integritas WBK/ WBBK, juga memudahkan dan mengindahkan efektifitas pembangunan integritas pada unit kerja dan pengawasan.

Di sela- sela acara tersebut dilakukan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh perwakilan OPD, yaitu Kepala Disdukcapil Kendal, Kepala DPMPTSP, Direktur RSUD Sowondo, dan Kepala Bakeuda Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., yang hadir pada acara ini, menyambut baik atas diselenggarakannya acara WBK/ WBBM ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, saya menyambut baik dan berkomitmen dan selalu mendukung adanya zona integritas di seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten , khususnya pada pelayanan publik, dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas Korupsi,” ujar Mirna Annisa.

Menurut Mirna Annisa, integritas ibarat tunas yang terus tumbuh dan berkembang hingga berakar kuat menjadi diri manusia yang jujur, disiplin, bekerja keras dan cerdas, bertanggungjawab, rasa peduli, berani, dan bersikap adil.

“Itulah nilai-nilai yang harus ditumbuhkan pada diri kita sebaga aparatur pemerintah. Bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi masyarakat,”kata Mirna Annisa.

Mirna Annisa juga menyampaikan bahwa ada beberapa cara untuk menumbuhkan integritas di wilayah kerja diantaranya adalah, mulailah sejak dini untuk bertindak jujur konsiten dalam menaati peraturan yang ada, berusaha terus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk meraih mimpi, serta bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas yang diamanahkan dengan baik.

Selain itu, menurut Mirna Annisa, menunjukkan sikap saling peduli dan berbagi antar sesama, sederhanalah dalam bersikap, agar tercipta budaya saling menghargai, dan memiliki kemandirian dalam memutuskan pilihan.

Serta berani berkata tidak, demi memberikan pelayanan yang prima dan maksimal, serta bersikap adil dalam memberikan keputusan.

“Dengan menumbuhkan dan menerapkan nilai-nilai integritas dalam keseharian kita, serta dengan semakin tingginya sikap integritas kita, maka korupsi mudah kita cegah. Inilah saatnya kita membuat perubahan bersama-sama menuju Indonesia bebas dari korupsi, begitu juga khususnya di wilayah Kabupaten Kendal,”terang Mirna Annisa.

Untuk itu, Mirna Annisa meminta mulailah sejak dini, mulai diri sendiri, mulai saat ini, siapapun kita, apapun profesi pekerjaan kita, semua bisa menjadi integritas untuk menjadikan Kabupaten Kendal yang lebih baik dan maju.

Acara diakhiri dengan penandatanganan zona integritas oleh Bupati Kendal, Wakil Bupati Kendal, Forkopimda, OPD dan para Camat se-Kabupaten Kendal.Agung-mm