blank
Takmir Masjid Agung Demak akan melaksanakan Shalat Id mulai pukul 06.00 WIB, dengan menerapkan protokol kesehatan. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Masjid Agung Demak akan melaksanakan ibadah Shalat Id, tepat pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Jumat (31/7/2020) besok. Meskipun demikian, pihak Takmir Masjid akan menerapkan protokol kesehatan bagi para jamaahnya.

Selain menyiapkan Tim Gugus Tugas Covid-19 di pintu gerbang, para jamaah yang memasuki area masjid, juga diwajibkan memakai masker.

Ketua Takmir Masjid Agung Demak, H Abdullah Syifa saat dihubungi Kamis (30/7/2020) menyampaikan, petugas keamanan masjid akan memeriksa suhu tubuh dan menyemprotkan hand zanitizer, bagi jamaah yang memasuki areal masjid.

BACA JUGA : Masjid Agung Kebumen Gelar Shalat Idul Adha, Alun-alun Ditiadakan

”Selain itu, panitia juga akan mengatur jarak shaf antarjamaah. Dan bagi jamaah yang tidak menggunakan masker, kami larang untuk masuk di area Masjid Agung,” kata H Abdullah.

Ada pun pelaksanaan Shalat Id dijadwalkan mulai pukul 06.00 WIB. Bertindak sebagai imam shalat KH Ismail Fahmi AH, Khatib KH Abdullah Syifa dan Bilal Ustadz Ahmad Faridhi.

Ditambahkan dia, iring iringan Tumpeng Sembilan dari Pendapa Kabupaten menuju Masjid Agung Demak ditiadakan. Namun pihak takmir tetap menyediakan tumpeng untuk selamatan bagi takmir dan panitia. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari akumulasi massa di malam takbir Idul Adha.

Sembelih Sabtu
”Untuk sementara sampai Kamis ini, hewan kurban yang diterima berupa sapi enam ekor dan kambing delapan ekor. Menurut rencana Jumat besok akan ada kiriman satu sapi lagi,” lanjut dia,

Pihak panitia sampai saat ini pun masih menerima hewan kurban. Sebab untuk penyembelihan kurban baru akan dilaksanakan Sabtu (1/8/2020) atau sehari usai Hari Raya.

”Hal ini dilakukan, mengingat Hari Raya Idul Adha jatuh pada Jumat, sehingga bila dilaksanakan akan terhenti kegiatanya untuk melaksanakan Jumatan,” pungkasnya.

Rudy-Riyan