KA Argo LAwu, salah satu KA jarak jauh yang kembali dioperasikan dalam masa pandemi ini. Foto: ist

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 yogyakarta, akan mengoperasikan kembali rangkaian kereta api (KA) Argo Lawu, Argo Dwipangga, dan Taksaka yang sejak beberapa waktu lalu dibatalkan perjalanannya karena adanya pandemi covid-19.

Pengoperasian kembali tiga kereta api jarak jauh  andalan masyarakat Solo dan Yogyakarta bertujuan mengakomodir kebutuhan masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api pada hari raya Idul Adha.

”KA Argo Lawu dengan jadwal pemberangkatan pukul 21.00 WIB  akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir 30 Juli 2020 Sedangkan KA Argo Dwipangga dengan jadwal keberangkatan pukul 19.45 dari Stasiun Solo Balapan juga akan dioperasikan.  Di sisi lain dari Stasiun Gambir akan diberangkatkan KA Taksaka dengan jadwal keberangkatan pukul 21.30 WIB”, kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto , Rabu (29/7).

PT KAI, lanjut Eko Budiyanto, akan melakukan evaluasi  animo masyarakat dengan mulai dioperasikannya KA Argo Lawu, Taksaka dan Argo Dwipangga pada tanggal 30 Juli dan 2 Agustus 2020. Pada perjalannya, KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga ini juga singgah di Stasiun Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Cirebon, sampai dengan Gambir untuk melayani penumpang penumpang pada stasiun tersebut.

Terkait pengoperasian KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan potongan tarif hingga 25 persen untuk perjalanan Kereta Api Jarak Jauh. Potongan tarif hingga 25 persen juga diberikan kepada  pengguna jasa penumpang KA lainnya seperti KA Bima (Gambir – Malang) dan Turangga (Gambir – Surabaya Gubeng) .

Dalam pengoperasian kembali kereta api jarak jauh, PT KAI tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam perjalanan. Seperti mensyaratkan surat keterangan bebas covid-19, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Pengguna jasa KA Jarak Jauh juga diharuskan mengenakan Face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.“ Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia di bawah tiga tahun (infant) agar membawa face shield pribadi,“ kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta.

Dikatakan, mulai 30 Juli 2020 PT KAI Daop 6 Yogyakarta bekerja sama dengan RNI menghadirkan layanan rapid test dengan biaya Rp85.000 di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Yogyakarta.

Bagus Adji-trs