blank
Mayjen TNI Heri Wiranto, putra kelahiran Gombong, Kebumen, yang dipromosikan sebagai Pandam VI Mulawarman,(Foto:SB/Dok)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kabar menggembirakan datang dari Mabes TNI untuk warga Kebumen. Mayjen TNI Heri Wiranto, putra kelahiran Gombong 52 tahun lalu yang semula menjadi Aspers KSAD, per 27 Juli 2020 dipromosikan menjadi Pangdam VI Mulawarman di Balikpapan.

Hal itu menyusul gerbong mutasi di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diumumkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Panglima  merotasi 181 orang yang terdiri dari perwira menengah dan perwira tinggi.

Mutasi tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat itu menetapkan mutasi dan promosi jabatan 181 Perwira Menengah dan Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Dalam SKep Panglima TNI tertuang Nomor 150, atas nama Mayjen TNI Heri Wiranto SE MM MTr (Han), semula Aspers KSAD, menjadi Pangdam VI Mulawaran. Terhitung mulai tanggal 27 Juli 2020.

blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz berfoto bersama Mayjen TNI Heri Wiranto di Mabes TNI AD beberapa waktu lalu.(Foto:SB/Ist)

Bagi warga Kebumen, kabar bakal promosi jabatan Mayjen Heri Wiranto itu sudah agak lama terdengar. Posisi jenderal TNI alumni SMAN Gombong 1986 itu juga cukup strategis sebagai Aspers KSAD dan pernah dua kali menjadi Danrem. Bahkan kakak kelas Heri di SMAN Gombong, Bambang Priyambodo, pun mengaku sudah mendengar kabar cukup lama dan tinggal menunggu waktu.

“Alhamdulillah Mas Heriwir akhirnya menjadi Pangdam. Semoga beliau senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, perlindungan dan kesuksesan dalam mengemban amanah. Aamiin ,”ucap Bambang yang juga masih bertetangga dengan rumah asal Mayjen TNI Heri Wiranto di Desa Wero, Gombong.

Bahkan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz pun menyambut gembira dengan jabatan baru yang disandang  Mayjen TNI Heri Wiranto sebagai Pangdam Mulawarman.”Kita doakan mudah-mudahan beliau mendapat kemudahan dan mampu menjalankan amanah dengan baik. Putra Kebumen pancen ora baen-baen,”tandas Bupati Yazid Mahfudz yang pernah bertemu beberapa waktu  lalu di Mabes TNI AD terkait hibah tanah Pemkab Kebumen ke TNI AD.

Harapan yang sama disampaikan tokoh pengusaha asal Karanganyar Kebumen Sugeng Budiawan. Menurut Sugeng, warga Kebumen patut menyambut gembira dan turut mendoakan Mayjen Heri Wiranto.“Selamat kepada Mayjen Heri Wiranto jadi Pandam VI Mulawarman. Putra Kebumen. Semoga kariernya selalu hebat  dan dilancarkan semuanya,’’ujar Sugeng.

Komper Wardopo