blank
Taufik Kasturi, Ph.D. Foto: Dok/ Bagus Adji

SUKOHAJO (SUARABARU.ID) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  masuk dalam 10 besar perguruan tinggi di yang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) nya menerima dana hibah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tercatat 15 Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih dana hibah  riset dari Kemendikbud RI. “Selain masuk dalam 10 perguruan tinggi yang (PKM) nya menerima dana hibah Kemendikbud, sekaligus sebagai PTS peraih insentif PKM-KT  paling banyak se-Indonesia”, kata Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UMS, Taufik Kasturi, Ph.D, Selasa (28/7).

Keberhasilan UMS  masuk dalam 10 besar PT  yang PKM nya menerima dana hibah Kemendikbud, lanjut  Taufik Kasturi Ph.D diketahui dari website https://simbelmawa.kemdikbudgo.id /portal/ pengumuman-insentif-pkm-kt-gfk-tahun-2020/ . Pengumuman pada 24 Juli 2020  menyebutkan, urutan perguruan tinggi yang PKM nya menerima dana hibah Kemendikbud. Meliputi UGM, IPB, UNESA, UMS, UNIBRAW, UPI, UNHAS, UNM, UI, UNSOED, jelasnya

Sementara itu Koordinator tim pusat PKM UMS, Ir. Ahmad Kholid Alghofari, ST, MT menjelaskan, PKM Karya Tulis merupakan salah satu skema Program Kreativitas Mahasiswa dari Kemendikbud yang terdiri dari 3 jenis. Meliputi PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT),dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK).   PKM yang didanai dari UMS semuanya merupakan PKM AI.

Dalam rangka pelaksanaan PKM-KT, UMS melakukan penyaringan yang ketat untuk proses seleksi proposal yang diajukan/upload ke Kemendikbud. Awalnya ada 402 judul proposal yang masuk ke universitas. Setelah dilakukan seleksi  hanya terpilih 161 proposal yang lolos . “Alhamdulillah dari proposal yang diajukan tersebut yang lolos didanai sebanyak 15 judul. Dan ini merupakan pencapaian terbaik dalam lima tahun terakhir PKM-KT. Semoga ke 15 tim tersebut bisa mendulang emas di Pimnas mendatang,” katanya.

Bagus Adji-trs