blank
Ibu-ibu kelompok Wanita Tani Tunas Bahagia RW 9 Tanjung Mas Semarang saat bercocok tanam di Jumat Bersih

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Bahagia RW IX menggelar kegiatan rutin dengan bercocok tanam berbagai jenis tanaman, di taman serba guna yang berada dilingkungan wilayah RT 03 RW IX Kelurahan Tanjung Mas,Kec. Semarang Utara Kota Semarang jumat ( 24/7).

Plt. Lurah Tanjung Mas, Margono mengatakan, bahwa kegiatan yang di lakukan oleh Kelompok Wanita Tani Tunas Bahagia pada taman serba guna milik warga RW IX tersebut, dilakukan secara rutin setiap hari jumat,” ucapnya.

Taman ini di buat dan diberdayakan, lanjut Margono, pada awal januari 2019 lalu, dengan memanfaatkan lahan kosong yang tidak terpakai warga. Tannah tersebut diolah oleh warga setempat, dengan diberi media tanam supaya dapat ditanami aneka tanaman oleh warga yang dibantu penanamannya dengan memberdayakan ibu-ibu yang membentuk kelompok wanita tani tunas bahagia.

Sedangkan tanaman yang ada berisi berbagai tanaman, baik toga maupun aneka sayuran. Dan ketika dipanen dapat dimanfaatkan oleh anggota untuk kebutuhan tambahan sebagai lauk, tapi anggota tetap membeli dengan harga yang lebih murah dan uang hasil penjualan masuk kas, digunakan untuk perawatan tanaman.

Berbagai jenis tanaman tersebut diperoleh dari bantuan dinas pertanian Kota Semarang berupa bibit tananaman seperti kopra, pisang, lombok, terrong serta bibit tanaman toga.

Pada kesempatan yang sama, Basuki, Ketua RW IX Tanjung Mas menyampaikan, bahwa setiap hari jumat diadakan kegiatan yang dilakukan oleh ibu ibu warga RW 9 dari 8 RT dengan mwlakukan perawatan terhadap taman yang telah ditanam.

“Jadi yang kita peroleh hanya bibit tanaman. Sedang anggaran penanaman dan pengelolaannya swadaya masyarakat RW 9. Melibatkan ibu~ibu dari 8 RT,” ungkap Basuki.

Sedang menurutnya tanaman yang disamping posko RW IX tidak dapat berkembang dikarenakan lokasinya tertutup dan rencananya lokasi tersebut akan dibuka supaya dapat sinar matahari dan dapat kembali ditanami dengan aneka tanaman,sehingga biar lebih banuk bibit yang ditanam dan lebih berkembang sehingga nantinya dalam panen dapat menghasilkan yang lebih banyak lagi,” pungkasnya.

Absa_Smg