blank
Bupati Grobogan Sri Sumarni memasang masker sebagai ikon Bhabin Candi 2020, kepada Bripka Moh Shodiq, dari Polsek Kedungjati. Foto: Hana Eswe/ist

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Sebanyak lima anggota Bhabinkamtibmas Polres Grobogan, dikukuhkan menjadi ikon Bhabin Candi Polres Grobogan 2020. Kelima personel itu dikukuhkan dihadapan Katim Asistensi Polda Jateng, AKBP Dwi Ratnawati, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni. Pengukuhan dan penyerahan ikon Bhabin Candi Polres Grobogan ini, dipusatkan di Balai Desa Kapung, Rabu (22/7/2020).

Kelima personel yang dikukuhkan itu yakni, Bripka M Solekul Hadi, Bripka Maskuri, Aiptu Suyoto, Brigpol Sedyo Wibowo dan Bripka Moh Shodiq. Masing-masing mendapatkan penghargaan sebagai ikon Bhabin Cerdas, Bhabin Agamis, Bhabin Negosiator, Bhabin Dedikasi dan Bhabin Inovatif.

Dalam sambutannya, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan mengungkapkan, Bhabinkamtibmas merupakan bagian terdepan Polri. Mereka hadir untuk meminimalisasi potensi kerawanan gangguan kamtibmas di desa binaannya.

BACA JUGA : Humas Corong Terdepan di Kepolisian

”Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam upaya Harkamtibmas di tingkat desa, guna meminimalisasi potensi kerawanan gangguan Kamtibmas,” jelas Kapolres.

Sementara itu, Ketua Tim Asistensi dari Polda Jateng, AKBP Dwi Ratnawati menyatakan, pengukuhan ikon Bhabin Candi 2020 ini merupakan kesiapan Polda Jateng hadir di tengah masyarakat, guna mewujudkan Jawa Tengah yang aman dengan peran serta dari Bhabinkamtibmas.

”Polda Jateng siap hadir di tengah masyarakat, untuk mewujudkan Jawa Tengah yang aman dengan mengedepankan peran bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak pelayanan Polri terhadap masyarakat,” jelasnya.

Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan ikon Bhabin Candi untuk kelima anggota,Bhabinkamtibmas seperti helm, tas, dan masker. Pemasangan peralatan itu langsung dilakukan Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

blank
Para Bhabin Candi Polres Grobogan siap mengemban tugas di tengah masyarakat desa binaannya. Foto: Hana Eswe/ist

Jadi Inspirasi
Salah satu personel Bhabin, Bripka Moh Shodiq yang terpilih menjadi ikon Bhabin Candi Inovatif dan bertugas di Desa Jumo, Kecamatan Kedungjati ini, mengaku bersyukur diberi
kepercayaan untuk menjalankan amanah itu.

Alhamdulillah senang. Saya tidak menyangka perhatian yang begitu besar dari pimpinan terhadap inovasi-inovasi yang saya lakukan, dalam melayani masyarakat di desa binaan saya. Harapannya, dengan penghargaan ini bisa jadi inspirasi para personel Bhabinkamtibmas yang melaksanakan tugas di desa binaannya masing-masing,” ungkap dia, saat dikonfirmasi.

Pihaknya berkomitmen untuk tetap melayani masyarakat sebagai Bhabimkamtibmas. Dengan tugasnya itu, dia berharap bisa menjadi agen perubahan bagi masyarakat sekitarnya.

”Saya ingin tetap melayani masyarakat sebagai petugas Bhabinkamtibmas, dan ingin menjadi bagian dari program pimpinan, menjadi agen perubahan. Yaitu, mengubah citra Polri menjadi lebih dekat dengan masyarakat,” tukasnya.

Hana Eswe-Riyan