Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM, Febrina Nafasati P SE MSi (kiri) menyampaikan materi yang disimak pemilik UMKM Sade Ayam, Shavira pada Jumat (17/7).

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (USM) melakukan pengabdian di tempat Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) Sade Ayam Jl Wolter Monginsidi Perum Dolog Blok F Nomor 91 RT 01 RW 01 Tlogosari Wetan.

Tim Pengabdian Masyarakat USM terdiri atas Febrina Nafasati P SE MSi (ketua), Dian Indudewi SE MSi, Alfa Vivianita SE MSi (anggota).

Tim Pengabdian Masyarakat USM menyampaikan materi tentang pembuatan buku kas dan menghitung harga pokok produksi dan harga pokok penjualan. Dengan mengetahui ketiga hal tersebut pemilik UMKM Sade Ayam mengetahui keuntungan dan harga penjualan produknya.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM berfoto bersama dengan pemilik Sade Ayam, Shavira pada Jumat (17/7).

”Kami berharap dengan pembekalan materi yang kami sampaikan pelaku UMKM bisa membuat pembukuan transaksi usahanya dan dapat menghitung dengan tepat harga pokok produknya,” ujar Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat USM, Febrina Nafasati.

Pemilik UMKM Sade Ayam, Shavira mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Tim Pengadian Masyarakat USM, karena telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat bagi perkembangan usaha yang dijalaninya. Dia berharap, ke depan usaha yang sedang dirintisnya bisa berkembang lebih besar lagi.

”Saya kira, ilmu tentang pembukuan transaksi usaha bisa ditularkan juga kepada para pengusaha kecil lain,” ungkapnya.

Muha