PEMALANG (SUARABARU.ID) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemalang kembali menjalani rapid test sebelum melakukan kunjungan kerja ke Semarang, Senin (13/7/2020).

Rapid test tersebut difasilitasi oleh sekretariat DPRD Pemalang (Sekwan) dan Dinas Kesehatan sebagai upaya pencegahan dini terhadap penyebaran Covid-19.

Ketua DPRD Pemalang HM Agus Sukoco mengatakan bahwa rapid test hari itu merupakan kali kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan pada Mei lalu.

“Udah dua kali, jadi ini yang kedua, karna kita sudah mulai new normal dan dewan itu sering keluar daerah dalam rangka kunjungan kerja atau undangan-undangan yang lain. Karena itu kami persiapkan supaya teman-teman betul-betul dalam kondisi tidak reaktif,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan rapid test, total ada sebanyak 75 orang yang ditest guna mengetahui reaktif atau tidak reaktif terhadap virus.

Agus Sukoco mengatakan, rapid test diadakan kembali karena para anggota DPRD sering berkunjung dan turun langsung ke tengah-tengah masyarakat baik di dalam maupun luar daerah.

“Karena dewan ini sering berkunjung ke bawah misalnya ke masyarakat dalam rangka mensosialisasikan tugas-tugas dewan, dan kunjungan-kunjungan baik luar maupun dalam daerah ataupun di lingkungannya masing-masing,” jelas Agus.

Selain anggota DPRD dan pegawai, Direktur utama Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Mulia Pemalang serta beberapa karyawannya juga turut menjalani rapid test. Hasilnya, 75 orang yang menjalani rapid test dinyatakan tidak reaktif terhadap virus.

Eriko GD