Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tahun ini pembangunan jalur tol Solo-Yogyakarta akan mulai dilaksanakan. Rencananya, November 2020 pembangunan akan mulai dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat ditemui di ruang kerjanya, akhir pekan lalu. Menurutnya, persiapan pembangunan tol itu sudah dilakukan lama, dan siap dieksekusi.

”Saya juga sudah dapat laporan dari PT Adhi Karya, bahwa Yogyakarta sudah siap. Jadi rencananya, ruas yang Solo-Klaten akan dimulai dari Prambanan. Kalau Jateng sendiri sudah siap lama. Kami sudah menyiapkan semuanya termasuk penetapan lokasi juga sudah siap,” kata Ganjar.

BACA JUGA : Ganjar Sentil Bupati Brebes, Usai Ikut Gowes Massal

Dengan kabar bahwa Yogyakarta sudah siap dengan pembangunan tol itu, maka secara keseluruhan, pembangunan proyek strategis Nasional ini bisa segera dijalankan.

”Koordinasi kami dengan Yogyakarta sudah intens. Dengan kabar bahwa Yogyakarta sudah siap, menurut saya lebih bagus. Tinggal segera dilakukan pengerjaan. Kami tentu akan memberikan bantuan apabila dibutuhkan,” imbuhnya.

Dari laporan PT Adhi Karya selaku kontraktor, pengerjaan fisik tol Solo-Yogyakartar akan dimulai pada November tahun ini.

”Semua sudah dilaporkan ke saya. November segera dilaksanakan. Tapi soal rentang waktu kapan selesainya, saya kurang hafal. Kalau tidak salah, dua tahun ya waktunya,” ungkap Ganjar.

Proyek tol Solo-Yogyakarta merupakan salah satu proyek strategis Nasional. Ruas jalan tol yang akan dibangun di proyek itu yakni 160 km, dengan nilai investasi diperkirakan sebesar Rp 21 triliun.

Heri Priyono-Riyan