blank
Lionel Messi/dok

VALLADOLID (SUARABARU.ID) – Lionel Messi membuat rekor baru saat Barcelona mengatasi tuan rumah Real Valladolid 1-0 dalam lanjutan Liga Primer Spanyol (LaLiga) di Stadion Jose Zorrilla, Minggu (12/7) dini hari WIB. La Pulga alias Si Kutu menjadi pemain LaLiga pertama yang mencetak 20 gol dan 20 assist dalam semusim. Gol tunggal Los Cules dicetak Arturo Vidal pada menit ke-15.

Gol itu tercipta berkat kecerdikan Messi mengirim umpan kepada Vidal. Dikepung tiga pemain Valladolid, kapten Barca ini mencungkil bola rendah ke kotak penalti yang langsung disambar Vidal. Aksinya tersebut membuat Si Kutu kini mengoleksi 20 assist di LaLiga musim ini.

Torehan megabintang Argentina itu memecahkan rekor baru. Messi menjadi pemain pertama di LaLiga yang mampu membuat 20 gol dan 20 assist dalam satu musim. Dia juga menyamai rekor assist terbanyak dalam semusim milik Xavi Hernandez (20) sepanjang musim 2008-2009.

Si Kutu menjadi pemain kedua di Eropa yang mencapai rekor 20 gol dan 20 assist dalam satu musim. Thierry Henry merupakan yang pertama kali membuat rekor tersebut saat membuat 24 gol dan 20 assist bersama Arsenal pada musim 2003-2004. Messi bahkan bisa melampaui jumlah gol dan assist milik Henry.

Sebab, LaLiga masih menyisakan dua pertandingan tersisa. La Pulga masih menduduki peringkat pertama top scorer sementara dengan 22 gol. Dia kini bersaing dengan Karim Benzema (Real Madrid). (rr)