blank
Karang Taruna Desa Sidosari, Salaman,Kabupaten Magelang, menggelar kegiatan di balaidesa setempat. Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) –Kegembiraan dan gegap gempita tampak di wajah para pemuda Desa Sidosari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Semangat tersirat saat mengikuti Malam Keakraban (Makrab) Karang Taruna Gita Karya Desa Sidosari yang dilaksanakan selama dua hari, 11-12 Juli 2020 di Balai Desa Sidosari.

Makrab Karang Taruna Gita Karya yang diinisiasi oleh Dewan Pengurus Kecamatan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang itu diikuti sedikitnya 50 pemuda Desa Sidosari. Kegiatan dalam bentuk kemah dan seminar itu menghadirkan Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, pegiat wirausaha dan pemuda pelopor yang sukses menjadi pengusaha berbasis online tingkat nasional.

Nastangin selaku penggagas kegiatan itu menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan dalam makrab itu sengaja diadakan guna menguatkan semangat pemuda Sidosari bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid 19. “Diklat ini kami adakan atas izin pemerintah desa dan tetap memberlakukan protokol kesehatan,” katanya.

Acara yang dimulai Sabtu siang 11 Juli 2020 itu dibuka oleh kepala desa Sidosari dan dihadiri oleh Ariyanto selaku Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang beserta para tokoh agama dan masyarakat setempat.
“Anggota Karang Taruna Gita Karya Desa Sidosari sudah mulai bangkit dengan usaha pembibitan, budidaya jamur tiram, persewaan dan multimedia. Maka hari ini kami berikan bekal keorganisasian dan manajemen sehingga harapan kami saat kondisi normal semua potensi itu siap untuk kita pasarkan,” ujar Ariyanto.

Di sela-sela acara itu seorang peserta bernama Suci menyampaikan bahwa kegiatan itu sangat kuat dalam menumbuhkan semangat bagi pemuda untuk semakin aktif, kreatif dan kritis terhadap perubahan situasi dan kondisi apa pun.

Eko Priyono