blank
Bupati Pacitan Indartato (kiri), menerima data-data terkini penanganan pandemi Covid-19. Sebelum kemudian disampaikan ke para awak media.(Foto:Pemkab Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ada penambahan lagi 4 kasus corona baru di Kabupaten Pacitan, Jatim. Salah satunya adalah tenaga kesehatan (Nakes). Dalam sepekan terakhir ini, ada penambahan 10 kasus baru. Sehingga sekarang, total positif corona di Kabupaten Pacitan, meningkat menjadi sebanyak 39 kasus.

Demikian diungkapkan Bupati Pacitan, Indartato, Jumat (10/7), terkait dengan penyampaian informasi terkini penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 kepada awak media. Menyikapi adanya penambahan jumlah tersebut, Bupati selaku Ketua Satuan GTPP Kabupaten Pacitan, mengajak semua warga masyarakat untuk bersikap disiplin mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

Dalam kesempatan tersebut, disebutkan, tambahan lagi 4 warga Kabupaten Pacitan yang terkonfirmasi positif baru Covid 19, perinciannya dua orang dari klaster lokal. Masing-masing adalah warga Kecamatan Sudimoro dan Kecamatan Pacitan. Berikutnya adalah kasus impor seorang pendatang dari Surabaya yang terdata sebagai warga Kecamatan Ngadirojo, serta seorang tenaga kesehatan sebagai penduduk Kecamatan Pacitan Kota.

Sepekan Terakhir

Tim Humas Pacitan, Rizky, Luky dan Arif, mengabarkan, dengan adanya tambahan kasus baru tersebut, maka dalam sepekan terakhir ini, jumlah penambahan kasus baru mencapai 10 orang.

Temuan 10 kasus baru tersebut, merupakan hasil tracing yang dilakukan oleh Tim Satuan Gugus Covid-19 Kabupaten Pacitan terhadap orang-orang yang dicurigai tertular. Utamanya kepada mereka yang pernah dekat atau kontak dengan pasien positif Covid-19.

blank
Bupati Indartato (kanan) saat menyampaikan informasi terkini tentang penanganan wabah corona. Dalam kesempatan itu, disampikan pula adanya penambahan kasus baru positif Covid-19 di Kabupaten Pacitan.(Foto:Humas Pacitan)

”Inilah kenyataan yang ada. Untuk itu, berkali-kali saya mengajak semua untuk mematuhi protokol kesehatan,” tegas Bupati Pacitan, Indartato. Menjalankan protokol kesehatan, tandasnya, menjadi syarat mutlak untuk memutus mata rantai penyebaran.

Cara Terbaik
Jumlah kasus baru positif corona di Kabupaten Pacitan, dimungkinkan dapat bertambah lagi. Terlebih lagi saat ini, masih ada 81 orang yang telah menjalani swab hasil tracing, yang hasilnya masih ditunggu positif tidaknya. Untuk itu, tandas Bupati, upaya pencegahan menjadi cara terbaik, mengingat selama ini belum ada penangkalnya.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pacitan, Rahmad Dwiyanto, menambahkan, saat ini masih terus diintensifkan tindakan tracing terhadap semua orang yang pernah menjalin kontak dengan orang-orang yang terkonfirmasi corona.

Dengan adanya penambahan 4 kasus terbaru Jumat (10/7) itu, maka total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pacitan, kini meningkat menjadi sebanyak 39 kasus. Dari jumlah itu, 13 dinyatakan sembuh, satu meninggal dunia, dan sisanya masih dalam perawatan medis.

Bambang Pur