blank
Ketua TP PKK Wonosobo Ny Fairuz Eko Purnomo ikut melayani warga yang akan mengambil sembako. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Warga RW 14 Kauman Utara, Kelurahan Wonosobo Timur, Wonosobo, masih terus menggelar acara “Belanja Gratis, Jumat Berkah” di komplek Masjid Al Mansur setempat, Jumat (10/7).

Ketua TP PKK Kauman Utara Endang Widiarti melaporkan kegiatan “Belanja Gratis, Jumat Berkah” di komplek Masjid Al Mansur Kauman Utara kali pertama digelar Jumat (29/5) lalu di tengah pandemi Covid-19.

“Hingga hari ini, pasar gratis jogo tonggo tersebut sudah berlangsung yang ke-7 kali. Belanja gratis digelar mulai jam 07.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Semoga ke depan kegiatan serupa masih tetap bisa berlangsung,” harapnya.

Tidak seperti biasanya, belanja gratis dari warga untuk warga tersebut, kali ini, terasa istimewa karena dihadiri langsung Ketua TP PKK Wonosobo, Ny Fairuz Eko Purnomo.

Turut hadir pula Camat Wonosobo Suratman, Danramil 01/Wonosobo Kapten Inf Heru Utomo, Kapolsek AKP Sutaryanto, Kepala Kelurahan Wonosobo Timur Endang Istiana dan Ketua RW 14 Kauman Utara Hariyadi.

Laris Manis

blank
Warga Kauman Utara menerima bantuan paket sembako dari Ketua TP PKK Wonosobo Ny Fairuz Eko Purnomo. Foto : SB/Muharno Zarka

Aneka kebutuhan pokok rumah tangga dijajakan di acara pasar gratis tersebut. Sejumlah sembako yang disiapkan laris manis diserbu warga. Pasar gratis yang baru dibuka jam 08.00 WIB itu ramai diserbu warga sekitar dan pengunjung luar Kauman Utara.

Sebelum waktu menunjukan pukul 09.00 WIB, sembako yang sediakan sudah ludes diambil warga yang membutuhkan. Pengunjung pasar gratis tampak cukup banyak dan harus rela antri hingga mengular panjang.

Ketua RW 14 Kauman Utara Hariyadi mengungkapkan pada awalnya yang datang ke acara “Belanja Gratis, Jumat Berkah” hanya warga Kauman Utara. Tapi, kini, sudah banyak warga luar yang ikut mengambil sembako di pasar gratis ini.

“Acara ini merupakan aksi sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdampak Covid-19. Karena ternyata selama wabah virus Corona banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan harian,” ujarnya.

Selama kegiatan belanja gratis, sambungnya, warga harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Yakni pengunjung wajib pakai masker, jaga jarak dan tidak berkerumun. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah belanja.

Muharno Zarka-Wahyu