Saat menghadiri Pasar Gratis Peduli Tonggo di Kampung Mulyosari Jaraksari, Camat Wonosobo menghimbau warga mengenakan masker. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Camat Wonosobo Suratman mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat guna menghindari penularan dan penyebaran virus Corona di masyarakat.

“Saat ini, Wonosobo memang berstatus zero kasus positif Covid-19. Namun bukan berarti sudah sama sekali aman dari ancaman penularan dan penyebaran virus Corona,” katanya, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/7).

Pihaknya meminta warga tetap waspada dan hati-hati. Protokol kesehatan Covid-19 harus terus diterapkan warga dalam setiap aktifitas sehari-hari, terutama ketika berada di luar rumah agar aman dari paparan virus Corona.

“Warga tidak boleh lengah dan abai. Harus tetap waspada dan hati-hati. Sebab, jika sampai lengah, bukan tidak mungkin akan terjadi gelombang kedua penularan dan penyebaran virus Corona,” lontarnya.

Protokol Kesehatan

Camat Wonosobo, Suratman. Foto : SB/Muharno Zarka

Protokol kesehatan Covid-19, menurutnya, musti terus diterapkan. Seperti selalu pakai masker jika beraktifitas di luar rumah. Rutin cuci tangan dengan sabun di air mengalir setelah melakukan kegiatan apapun.

“Juga jaga jarak antar sesama dan hindari kerumunan di ruang publik. Konsumsi makanan bergizi dan rutin olah raga. Jaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Selama pandemi Covid-19, Suratman juga mengaku rajin sosialisasi ke perangkat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk bersama-sama saling menjaga diri dan lingkungan dari paparan virus Corona.

“Menyambut new normal dan zona hijau Covid-19 di Wonosobo, pertemuan dengan Kepala Desa/Kelurahan dan steakholder yang lain digelar dengan penerapan protokol kesehatan. Waktu pertemuan juga dipersingkat,” paparnya.

Muharno Zarka-Wahyu