blank
KA Sembrani siap kembali melayani penumpang tujuan Semarang-Jakarta. Foto: antara

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kereta Api Sembrani jurusan Jakarta-Surabaya yang melintas di Daop 4 Semarang, akan kembali dioperasikan PT KAI. Dengan beroperasinya KA Sembrani, kini calon penumpang dari Semarang dapat menggunakan moda transportasi itu, jika ingin bepergian ke Jakarta atau Surabaya.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro di Semarang, Rabu (8/7/2020) mengatakan, KA jarak jauh kelas eksekutif itu akan kembali beroperasi mulai Jumat (10/7/2020) lusa.

”Pada tahap awal, kereta ini akan beroperasi di setiap akhir pekan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu,” katanya.

BACA JUGA : KAI Tambah Perjalanan KA Jarak Jauh di Daop 5 Purwokerto

KA Sembrani akan berangkat dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 21.45 WIB menuju Jakarta, dan pukul 01.21 WIB untuk tujuan Surabaya.

Sejumlah stasiun di wilayah Daop 4 yang juga akan disinggahi KA ini antara lain Cepu, Ngrombo, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang akan berpergian dengan menggunakan KA ini, tetap harus memenuhi persyaratan sesuai yang diatur Gugus Tugas Covid-19, seperti menyertakan surat keterangan negatif covid-19 melalui tes usap atau non-reaktif melalui tes cepat, menggunakan masker, pakaian lengan panjang, pelindung wajah, serta menjalankan protokol kesehatan.

Khusus untuk penumpang tujuan Jakarta, lanjut dia, diwajibkan mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ke Ibukota negara itu.

KA Sembrani sendiri merupakan kereta jarak jauh kedua yang melayani perjalanan melintasi wilayah Daop 4. Sebelumnya, KA Kertajaya yang merupakan kereta jarak jauh kelas ekonomi juga sudah dioperasikan setiap akhir pekan.

Ant-Riyan