blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Ketua PCNU Moh Dawamudin Masdar, Ketua PMI Sabar Irianto dan Ketua PSMTI Bobyn Subianto memegang beras bantuan di Aula PMI Jalan Arungbinang.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI)  Kebumen  Senin (6/7) menyerahkan bantuan 10 ton beras untuk penanggulangan dampak Covid-19 di Kabupaten Kebumen .

Secara simbolis bantuan 10 ton beras  yang telah dikemas  5 kg itu diserahkan oleh Ketua PSMTI Kebumen Bobyn Subianto kepada Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di Aula PMI Kebumen Jalan Arungbinang.

Selanjutnya Wakil Bupati Kebumen simbolis menyerahkan bantuan itu kepada Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Moh Dawamudin Masdar MAg dan Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto, disaksikan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Acara dihadiri Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kebumen Edi Riyanto, pengurus PSMTI Kebumen Halim Dani Hidayat, Hengki Halim, Santoso Budiawan dan perwakilan pabrik plastik  PT Naga Semut Kebumen.

blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberikan sambutan pada penyerahan bantuan 10 ton beras dari PSMTI Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Menurut Ketua PSMTI Kebumen Bobyn Subianto, bantuan beras itu dihimpun dari warga Tionghoa di Kebumen sebanyak 15 ton beras. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang kurang beruntung dan terdampak pandemi Covid-19.

“Saat ini baru terhimpun 10 ton beras  yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat  kurang mampu yanga belum tersentuh bantuan pemerintah melalui PMI Kebumen,”jelas Bobyn.

Sedangakan Wakil Bupati Kebumen yang juga Wakil ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Arif Sugiyanto memberikan apresiasi kepada waraga Tonghoa Kebumen melalui PSMTI yang peduli dan banyak membantu Pemkab Kebumen dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Sebelumnya, lanjut Wakil Bupati, PSMTI Kebumen juga telah memberikan bantuan untuk petugas medis dalam penanganan corona. Mulai 1.000 alat pelindung diri (APD) bagi 36 Puskesmas dan empat rumah sakit di Kebumen serta bantuan sosial lainnya.

blank
Pengurus PSMTI Kebumen bergambar bersama Wakil Bupati Arif Sugiyanto, Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Ketua PCNU Moh Dawamudin Masdar dan pengurus PMI Kebumen di Gedung PMI Jalan Arungbinang.(Foto:SB/Ist)

Hal senada diungkapkan Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen Moh Dawamudin Masdar. Menurut Kiai Dawam, bantuan beras tersebut akan didistribusikan kepada nahdliyyin yang secra teknis  dilaksanakan oleh Tm Gugus Tugas Covid-19 PCNU  bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Majelis Wakil Cabang (MWC) NU s e Kabupaten Kebumen.

“Prioritasnysa warga miskin yang terdampak. Menurut saya, bantuan sosial  PSMTI ini merupakan bentuk kepedulian nyata dan sebagai wujud persaudaraan sesama warga,”ujar mantan kepala MAN 1 Kebumen itu.

Komper Wardopo