Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri), menandatangani MoU pembentukan tim terpadu dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kerjasama pembentukan tim terpadu Polres Wonogiri dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Wonogiri, Selasa (7/7), diteken oleh Kapolres AKBP Christian Tobing dan Kepala BPN Wonogiri, Abdul Aziz.

Upacara penandatangannya, digelar di aula Kantor BPN Kabupaten Wonogiri. Hadir dalam kesempatan itu, para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, bersama seluruh Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Sub Seksi (Kasubsi) BPN Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri Polda Jateng, Iptu Suwondo dan Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, kerjasama dengan BPN menyangkut pelaksanaan tugas dan fungsi dalam rangka kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Perjanjian Kerjasama Legalisasi Aset Kepolisian Republik Indonesia.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri) dan Kepala BPN Wonogiri Abdul Aziz (kanan), menunjukkan naskah kerjasama yang telah diteken.

Tindak Lanjut
Kepala BPN Wonogiri, Abdul Azis, menyatakan, ada dua hal yang perlu diketahui bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama Kapolda Jateng dengan Kepala Kanwil BPN Provinsi Jateng. Yakni untuk menyukseskan pendataan tanah dalam rangka legalisasi aset Polri yang ada di Wonogiri.

Abdul Aziz, menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas kerjasama terpadu dan berkesinambungan, antara Polri khususnya Polres Wonogiri, dengan Kantor BPN Wonogiri. Utamanya dalam rangka mendukung kelancaran dan percepatan program strategis nasional PTSL.

Kata Abdul Aziz, Bapak Bupati Wonogiri telah mengeluarkan Perbup untuk percepatan program strategis nasional PTSL. ”Ada enam aset Polres Wonogiri yang berasal dari hibah aset Pemda, yang sebaiknya langsung dibuatkan MoU dan disertifikatkan atas nama Polres Wonogiri,” jelasnya.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (tengah deret depan), foto bersama Kepala BPN Abdul Aziz beserta para Kasi dan Kasubsi BPN Wonogiri.

Lima Juta
PTSL di seluruh Indonesia, tambah Abdul Aziz, ada sebanyak 5 juta bidang, dan di Kabupaten Wonogiri ada sebanyak 14.000 bidang. ”Ini tidak bisa kita kerjakan semua, karena ada pemangkasan akibat penyebaran Covid-19,” ujarnya. Sebanyak 7.825 bidang sudah selesai, dan saat penyerahannya mohon kerjasama dalam pengamanan.

”Kami Polres Wonogiri siap bekerjasama, berkolaborasi dan membantu secara penuh,” tegas Kapolres AKBP Christian Tobing, sembari menambahkan mohon diberitahukan jadwal waktu kegiatan, agar bisa disiapkan pengamanannya.

Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih, terkait dengan legalisasi aset Polres Wonogiri sebanyak 6 bidang, yang itu merupakan tinggalan dari pimpinan sebelumnya. Dalam acara ini, dilangsungkan pula penyerahan cenderamata.

Bambang Pur