blank

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dua hari ini di Kabupaten Magelang tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga jumlahnya masih tetap dua orang yang kini masih dirawat di rumah sakit.

Namun hari ini Senin (6/7) ada tambahan tiga pasien dengan pengawasan (PDP). Mereka berasal dari Kecamatan Borobudur, Candimulyo dan Srumbung.

“Dengan adanya tambahan tiga PDP itu jumlah yang dirawat bertambah menjadi 20 dari 17 orang sebelumnya. Untuk jumlah komulatifnya kini menjadi 297 orang. Rinciannya, 20 dirawat, 34 meninggal dan 243 PDP dinyatakan sembuh,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sementara untuk jumlah komulatif pasien terkonfirmasi positif, kata Nanda, jumlahnya masih tetap 144 orang. Rinciannya, dua dirawat, empat meninggal dan 138 dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif. “Kita berharap sudah tidak ada lagi penambahan pasien positif. Di sisi lain, kita berdoa juga agar dua pasien positif yang saat ini dirawat, tidak lama lagi akan sembuh. Dengan demikian, pandemi ini akan segera berakhir,” lanjutnya.

Sedang untuk orang dalam pemantauan (ODP), hari ini dari 14 ada tujuh orang yang dinyatakan lolos pantau. Namun demikian ada tiga tambahan ODP baru. Dengan adanya tujuh yang lolos pantau dan tiga baru, jumlah ODP yang masih dalam pemantauan ada 10 orang.

“Untuk jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit, total ada 22 orang. Delapan di antaranya di RSUD Tidar, tujuh di RSJ Soerodjo, enam di RSUD Muntilan dan satu orang di RS Karyadi Semarang,” ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika virus corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru.

Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin, serta menjaga daya tahan tubuh.

Eko Priyono