blank
Deva Fatkhunensin memberikan materi pada Workshop Pantomim di Rumah Budaya Bimasakti Kauman, Kebumen, Minggu, 5/7.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Teater Ego Kebumen didukung program Panggung Kahanan Jateng dan Rumah Budaya Bumi Bimasakti Kebumen, Minggu (5/7) menyelenggarakan Workshop Pantomim.

Workshop yang dilaksanakan dua sesi, pagi dan siang, di Rumah Budaya Bumi Bimasakti Kauman Kutosari Kebumen itu diikuti dengan antusias oleh 20 orang peserta. Mereka terdiri atas guru, mahasiswa dan masyarakat umum.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Charis Mu’in, workshop yang terlaksana atas dukungan dari Panggung Kahanan Jateng tersebut tetap menggunakan Protokol Kesehatan yang sesuai dengan protokol kesehatan di masa New Normal atau Tatanan Baru Fase 3.

Dia jelaskan, workshop bertujuan memberikan bekal wawasan tentang pantomim bagi guru, mahasiswa dan masyarakat umum di Kebumen.”Pada penyelenggaraan workshop ini Panggung Kahanan Jateng memberikan donasi untuk mendorong seniman dapat tetap berkarya, agar seniman tetap urip (hidup), di masa pandemi Covid-19,”terang Charis.

blank
Workshop Pantomim yang digelar Teater Ego Kebumen diikuti 20 peserta menggunakan protokol kesehatan dan dilaksanakan dua sesi.(Foto:SB/Ist)

Sebagai narasumber pada workshop tentang Teknik Dasar Pantomim tersebut berasal dari praktisi teater dan pantomim Kebumen, Sahid El Kobar dan Deva Fatkhunensin.

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo dalam sambutan pembukaan workshop memberi apresiasi yang tinggi pada teater Ego, yang telah menyelenggarakan Workshop Pantomim meskipun dimasa New Normal yang di Kebumen telah memasuki fase 3.

Pekik menuturkan, dengan adanya workshop pantomim di Rumah Budaya Bumi Bimasakti ini semoga seni pantomim di Kebumen semakin dikenal.“Kita dorong para seniman tetap berkarya meski masih situasi pandemi dan kita harus siap menyambut era tatanan baru dengan terus berkiprah di bidang seni budaya,”ujar Pekik.

Komper Wardopo