Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari (paling kanan) mendengarkan penjelasan cara budidaya kelengkeng. Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) –  Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IV Diponegoro melakukan panen kelengkeng di Dusun/Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (5/7).

Pangdam yang didampingi Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Tarsono, Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Suhartono dan Dandim 0705/Magelang Letnan Kolonel Czi Anto Indriyanto bertamu di rumah Pitoyo (64) warga Desa Tuksongo yang merupakan pemilik tanaman kelengkeng. Dia salah satu petani binaan Serda Mugiyanto anggota Kodim 0705/Magelang.

Rombongan Pangdam bersama Serda Mugi2yanto selanjutnya berjalan menuju kebun yang tidak jauh dari rumah Pitoyo.

Di area kebun kelengkeng itu Pangdam IV/Diponegoro sempat mendengarkan penjelasan tentang cara perawatan dan pemeliharaan pohon kelengkeng. Serda Mugiyanto menjelaskan tentang pemeliharaan tanaman kelengkeng mulai dari cara tanam, pemupukan, hingga bagaimana caranya agar tanaman kelengkeng bisa cepat berbuah.

Pada kesempatan itu Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari yang mantan Aster Kasad menyampaikan kalau di kompleks Kodam IV/Diponegoro banyak pohon kelengkeng. Namun dia belum pernah melihat pohon kelengkengnya berbuah.

“Di lingkungan Kodam banyak pohon kelengkeng, tapi belum berbuah,” kata Jenderal berbintang dua itu.

Menyikapi apa yang dikatakan oleh Pangdam, selanjutnya Serda Mugiyanto menyatakan kesiapannya untuk membantu merawat pohon kelengkeng supaya bisa berbuah.

Selanjutnya Pangdam beserta isteri menyempatkan memetik buah kelengkeng siap panen. Panen kelengkeng juga diikuti oleh Danrindam, Aster, Dandim dan anggota persit yang ikut dalam rombongan tersebut.

Eko Priyono