Anggota DPRD Kudus saat menurunkan bantuan beras bagi relawan pemakaman Covid-19 BPBD Kudus.foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Anggota DPRD Kudus menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan beras kepada tim relawan pemakaman jenazah Covid-19 BPBD Kudus, Minggu (4/7). Bantuan tersebut diberikan dalam kegiatan bersepeda bersama yang rutin digelar para Legislator setiap akhir pekan.

Mengawali kegiatan dari kantor DPRD Kudus, mereka menggenjot sepedanya menyusuri jalanan kota yang beraspal mulus menuju kantor BPBD Kabupaten Kudus.

Di sana, para wakil rakyat yang berasal dari lintas Komisi dan Fraksi langsung disambut para relawan yang didampingi Kalakhar BPBD Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan.

Menurut Masan, bantuan beras tersebut merupakan swadaya dari para anggota DPRD Kudus. Sebab, tak hanya sekali ini saja, DPRD Kudus juga rutin menggelar Baksos seperti membantu bedah rumah tak layak huni hingga membantu pembuatan jembatan darurat.

“Bantuan ini kami serahkan sebagai wujud simpati kami kepada para relawan pemakaman jenazah Covid-19 BPBD Kudus yang telah membantu menangani pandemi di Kudus,”ujar Ketua DPRD Kudus, Masan saat memberi sambutan.

Masan menambahkan, selama ini para relawan BPBD telah menunjukkan jiwa  kemanusiaannya dengan mencurahkan tenaga untuk membantu prosesi pemulasaran jenazah hingga pemakaman. Mereka bekerja tanpa ada honor atau bayaran, meski resiko tertular virus Corona sangat besar.

Atas pengabdian para relawan tersebut, kata Masan, pihaknya akan mengundang OPD terkait seperti Dinas Kesehatan untuk bisa mengalokasikan anggaran guna memberi perhatian pada relawan tersebut.

“Secepatnya kami akan mengundang dinas terkait untuk bisa memberi perhatian pada relawan pemulasaran jenazah ini,”tandasnya.

Baca Juga: Relawan ‘Modin Cekathil’ Kecewa dengan Dinas Kesehatan Kudus

Selain melakukan baksos pemberian bantuan beras kepada relawan, kegiatan bersepeda bareng tersebut juga dilanjutkan menuju obyek wisata Patiayam. Di sana, para wakil rakyat menyerap aspirasi masyarakat terkait pengembangan wisata kepurbakalaan Patiayam yang sampai saat ini masih jalan di tempat.

Sementara, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan  mengapresiasi perhatian dari para anggota DPRD Kudus terhadap para relawan pemulasaran jenazah Covid-19. Menurut Bergas, pembentukan relawan Covid-19 ini dilakukan melihat situasi dimana banyak warga yang takut untuk membantu prosesi pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien Covid-19.

“Kami merasa terpanggil karena awal-awal pandemi lalu, banyak warga yang takut untuk membantu memakamkan pasien Covid-19,”tandasnya.

Tm-Ab