blank
Kondisi infografis covid-19 terkini di Kabupaten Grobogan. Sumber: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kasus Covid-19 di Kabupaten Grobogan belum menurun. Sebanyak lima pasien dinyatakan positif covid-19 berdasar hasil uji swab yang keluar pada Jumat (3/7/2020).

Mereka yang dinyatakan positif covid-19 ini yakni Nn W (17), Ny H (62) dan an NA (7). Ketiganya warga Desa Kebonagung, Kecamatan Tegowanu.

Sementara, dua lainnya yakni Ny SK (44) dan Tn T (46), warga Desa Ngeluk Kecamatan Penawangan. Keduanya pasangan suami istri yang terpapar covid-19 dari kasus sebelumnya. “Benar, terdapat penambahan lima pasien covid-19 dan mereka sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit,” jelas Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Grobogan, Endang Sulistyaningsih, saat dikonfirmasi.

Kelima pasien tersebut saat ini dirawat di rumah sakit yang berbeda, yakni di RSUD Ki Ageng Getas Pendowo dan RSUD dr Soedjati Purwodadi.

Dua Sembuh

Selain terjadi peningkatan jumlah pasien, terdapat dua pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari covid-19. Keduanya merupakan ibu dan anak, yakni Ny SK (18) dan Ny RN (48).  Mereka dinyatakan sembuh berdasar rekap hasil swab RSUD Ki Ageng Getas Pendowo Gubug. Keduanya merupakan warga Desa Curug Kecamatan Tegowanu.

“Kedua pasien sembuh ini merupakan ibu dan anak. Mereka ada kaitan dengan kasus sebelumnya, karena termasuk kontak erat,” kata Endang.

Adanya penambahan tersebut, infografis covid-19 di Kabupaten Grobogan berada di angka 119 orang. Jumlah tersebut terinci, 17 meninggal, 37 sembuh dan 65 masih dirawat. Endang mengimbau kepada masyarakat agar tetap berpegang pada pedoman protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Hal tersebut tetap harus dilakukan agar kasus Covid-19 di wilayah ini dapat menurun.

“Kami tidak bosan-bosannya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Grobogan.”

“Biasakan untuk menggunakan masker, cuci tangan yang bersih dengan sabun dan air mengalir, jauhi kerumunan, jaga pola makan yang sehat dan bergizi serta olahraga yang teratur,” imbaunya.

Hana Eswe-trs