blank
Penyerang Atletico Madrid Alvaro Morata (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol kedua ke gawang Mallorca dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Jumat (3/7/2020) waktu setempat. Antara

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Atletico Madrid mantap mencengkeram posisi tiga besar klasemen Liga Spanyol selepas membungkam tamunya Mallorca dengan skor 3-0 dalam laga pekan ke-34 Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Wanda Metropolitano, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Alvaro Morata mengemas dua gol pertama kemenangan itu sebelum dilengkapi oleh Koke, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kemenangan tersebut memantapkan posisi Atletico di urutan ketiga dengan koleksi 62 poin atau unggul lima poin atas Sevilla (57) yang baru main pada Senin (6/7) waktu setempat (Selasa WIB).

Sedangkan Mallorca (29) tertahan di urutan ke-18 dan harus segera membayar defisit ketertinggalan lima poin jika ingin menghindari degradasi.

Memasuki pertandingan dengan harapan untuk meraih tiga kemenangan kandang beruntun, Atletico tampil menyerang sejak awal laga dan Mallorca berusaha mencari celah dari serangan balik tetapi tembakan jarak jauh Takefusa Kubo masih mudah diamankan kiper Jan Oblak.

Atletico terus tampak lebih hidup tetapi tembakan Marcos Llorente dihalau di muka gawang dan sepakan Yannick Carrasco masih melenceng dari sasaran.

Mallorca balik mengancam lewat situasi bola mati ketika Aleksandar Trajkovski mengirimkan tendangan bebas yang bisa disambut Iddrisu Baba di area tiang jauh, tetapi sundulannya masih melebar.

Sebaliknya, tuan rumah memperoleh peluang lain ketika Carrasco mengirim umpan tarik yang membuat Joao Felix berhadapan satu lawan satu dengan kiper Manolo Reina, tetapi talenta muda Portugal itu malah melepaskan penyelesaian yang melebar dari gawang.

Pada menit ke-25, Morata dijatuhkan oleh Aleksandar Sedlar di dalam area terlarang dan mantan penyerang Real Madrid itu mengambil sendiri kesempatan tembakan penalti yang mampu diamankan oleh Reina.

Akan tetapi wasit meminta tendangan 12 pas diulangi, karena Sedlar terburu-buru memasuki kotak penalti sebelum bola disepak Morata. Dalam kesempatan kedua, Morata dengan percaya diri melesakkan bola ke pojok kiri atas gawang untuk membuka keunggulan Atletico pada menit ke-29.

Pada menit keempat injury time babak pertama, Morata mencetak gol keduanya dengan sontekan mudah menyelesaikan umpan Llorente untuk menggandakan keunggulan Atletico atas Mallorca.

Mallorca memasuki babak kedua dengan upaya keras mencetak gol balasan tetapi Jose Gimenez pasang badan demi menghalau tembakan Trajkovski, sedangkan peluang bersih yang diperoleh Cucho Hernandez dari umpan Alejandro Pozo malah diselesaikan melenceng di sisi gawang.

Atletico sukses meredam momentum kebangkitan Mallorca dan pada menit ke-74 Renan Lodi hampir menambah keunggulan tuan rumah jika saja tembakannya tak ditolak oleh mistar gawang.

Lima menit kemudian, Atletico memperoleh gol ketiga setelah sundulan sapuan buruk Baba terlalu lemah dan bola jatuh ke hadapan Koke yang melakukan tendangan voli dan arahnya mengecoh Reina lantaran sempat membentur badan pemain Mallorca.

Atletico berkesempatan menambah keunggulan lewat tetapi tembakan jarak dekat Gimenez melambung tak tentu arah, sedangkan Kubo membuang peluang untuk menembak langsung bola sapuan buruk Oblak sehingga skor 3-0 tak berubah hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Atletico akan berusaha menjaga keunggulan mereka di peringkat ketiga ketiga bertandang ke markas Celta Vigo untuk laga pekan ke-35 pada Selasa (7/7) waktu setempat (Rabu WIB), sedangkan Mallorca dihadapkan pada situasi wajib menang saat menjamu Levante dua hari kemudian jika ingin memperbesar asa bertahan di kasta tertinggi.

Susunan pemain:

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Jose Gimenez, Stefan Savic, Manu Sanchez (Renan Lodi); Yannick Carrasco (Vitolo), Saul Niguez (Thomas Partey), Koke, Marcos Llorente; Joao Felix (Angel Correa), Alvaro Morata (Diego Costa)
Pelatih: Diego Simeone

Mallorca (4-4-2): Manolo Reina; Fran Gamez (Joan Sastre), Aleksandar Sedlar, Julio Pleguezuelo, Alejandro Pozo; Dani Rodriguez, Iddrisu Baba (Pablo Chavarria), Aleix Febas (Salva Sevilla), Aleksandar Trajkovski (Junior Lago); Cucho Hernandez (Abdon Prats), Takefusa Kubo
Pelatih: Vicente Moreno

Ant/Muha