Alumni Akabri 89 bersama Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi usai acara seremoni pembagian 10 ribu paket sembako di halaman Mako 2 Polresta Surakarta, Sabtu (4/7/2020).

SOLO (SUARABARU.ID) – Alumni Akabri 89 menggelar bakti sosial (baksos) bagi warga terdampak  pandemi Covid-19. Dalam aksi sosial ini, Alumni Akabri 89 membagikan 10 ribu paket sembako bagi warga Kota Solo dan Kabupaten Sragen.

Secara simbolis, bantuan Covid-19 ini diserahkan di halaman Mako 2 Polresta Surakarta, Sabtu (4/7/2020). Perwakilan Alumni Akabri 89, Mayjen TNI Herry Wiranto, menjelaskan produktivitas masyarakat di tengah pandemi harus terus dijaga.

Selain Herry, turut hadir Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Aslog Kapolri Irjen Pol Ahmad Dhofiri, Kakorbimmas Irjen Pol Risyapudin Nursin, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, serta sejumlah alumni Akabri 89.

“Kegiatan ini dalam rangka membantu kesusahan masyarakat di tengah pandemi dan memupuk soliditas antaralumni. Kami berharap bantuan ini bisa meringankan masyarakat di situasi seperti ini,” ucapnya.

Mayjen Herry menambahkan, baksos ini sudah kami laksanakan di seluruh Indonesia, mulai dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi, NTT, NTB, dan Jateng.

“Pertama kita awali di DKI Jakarta, lalu Jawa Barat, Jawa Timur, dan hari ini di Jawa Tengah,” tuturnya.

Sosok yang menjabat Aspers KSAD itu memaparkan, bantuan tersebut menyasar bagi para korban PHK, marbot masjid, panti jompo, pesantren, yatim piatu.

Lalu juga driver ojek online dan ojek pangkalan, kaum disabilitas, manusia gerobak, purnawirawan atau warakawuri, dan masyarakat yang membutuhkan.

Sementara Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi berharap kegiatan tersebut bermanfaat khususnya bagi masyarakat terdampak. Baksos tersebut juga menjadi tolok ukur pengabdian TNI-Polri bagi masyarakat, bangsa dan negara di masa pandemi.

“Kegiatan pengabdian TNI-Polri angkatan 1989 ini merupakan momentum yang sangat berharga bagi kami, khususnya wilayah Polda Jawa Tengah. Ada suatu hikayat mengatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah bermanfaat bagi sesamanya, seperti kegiatan saat ini,” ucap Kapolda.

MM