Bupati Temanggung Al Khadziq dan Komandan Kodim 0706/Temanggung Letkol Inf AY david Alam memperlihatkan berita acara serah terima program TMMD Sengkuyung II tahun 2020 . Foto: Suarabaru.Id/ Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II tahun 2020 diarahkan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatnya kesehatan lingkungan dan memantapkan kerukukanan antarwarga masyarakat.

Demikian sambutan Bupati Temanggung, M Al Khadziq yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  Gema Artisti W, pada pembukaan TMMD Sengkuyung tahap II tahun 2020 jajaran Kodim 0706/ Temanggung yang dipusatkan di Dusun Kruisan Desa Banaran Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung, Selasa (30/6).

Bupati mengatakan, program TMMD Sengkuyung II ini  merupakan  salah satu bagian dari cara merawat  dan meningkatkan kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

Menurutnya, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah menjadi satu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa. Selain itu juga dalam rangka menggali dan mendayagunakan potensi desa serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat.

Ia menambahkan, TMMD dengan tema “TMMD Pengadian untuk Negeri” sangat relevan dengan kondisi kebangsaan saat ini. Untuk itu, ia meminta agar seluruh komponen masyarakat untuk menggelorakan lagi semangat kolektivitas serta persatuan dan kesatuan .

“Mari kita bangun sarana dan prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa,” katanya.

Ia juga berharap pada program TMMD kali ini dimasukkan program-program yang menggugah semangat  kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme.  Hal itu dinilai sangat penting, karena saat ini  marak beredar di masyarakat tentang berita bohong, perundungan  dan ujaran kebencian yang muncul  dan berpotensi memecah belah bangsa.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama dan adanya sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk mencegah, mengurangi dan memutus rantai penularan covid-19.

“Tidak henti-hentinya , saya mengingatkan masyarakat untuk  dengan mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun dalam upaya memutus rantai virus corona,” katanya.

Pejabat sementara Kepala Staf Kodim 0706/Temanggung Kapten Inf Edward mengatakan, TMMD Sengkuyung II yang akan berlangsung hingga 29 Juli mendatang akan melaksanakan  program fisik  berupa pembuatan jalan betonisasi jalan dengan panjang  1.700  meter,  pembuatan senderaan  sepanjang 30 meter,  pembuatan dua unit  cyclops  dengan Panjang 4 meter .

Selain itu,  program pendamping berupa merehab dua unit rumah tidak layak huni yang terdiri atas satu unit bantuan dari dana desa dan satu lainnya bantuan dari Baznas Kabupaten Temanggung.  Sedangkan, sasaran non fisik berupa soialisasi pencegahan penyebaran virus corona, pemberian makanan tambahan ntuk balita. Pemberian bantuan bibit ikan dan pemberian bantuan obat-obatan serta vitamin hewan ternak.

Sebelumnya dilakukan penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD Sengkuyung II tahun 2020 Kodim 0706/Temanggung antara Bupati Temanggung Al Khadziq dengan Komandan Kodim 0706/Temanggung Letkol Inf AY david Alam. Acara penandatangan dan serah terima program TMMD tersebut  dilaksanakan  di Pendopo Jenar, kompleks Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung.

Yon-trs