blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz didampingi Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan Ketua DPRD Sarimun bersalam komando pada pembukaan TMMD Sengkuyung.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Yazid Mahfudz membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) SengkuyungTahap II  Tahun 2020 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa 30 Juni 2020.

Pembukaan ditandai  penandatanganan berita acara pekerjaan antara Bupati Kebumen dan Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang.  Acara dihadiri Ketua DPRD Sarimun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kepala Kejaksaan Negeri  Kebumen Slamet Riyanto dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono.

Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang mengungkapkan, TMMD kali ini dipusatkan di Desa Sidogede, Kecamatan Prembun.  TMMD dijadwalkan selama 30 hari, mulai 30 Juni hingga 29 Juli 2020.”Sasaran kegiatan TMMD ada kegiatan fisik dan nonfisik,”jelas Letkol Kav Prawira Negara.

blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono dan Ketua DPRD Sarimun membaur bersama masyarakat Desa Tersobo, Kecamatan Prembun.(Foto:SB/Ist)

Menurut Dandim, kegiatan fisik yang akan dilakukan meliputi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 854 meter dan lebar 3 meter. Kemudian pembangunan 5 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). “Sasaran nonfisik antara lain penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan dan penyuluhan kesehatan. Khususnya terkait Covid-19,”imbuhnya.

Sedangkan Bupati Yazid Mahfud dalam sambutannya meminta pelaksanaan TMMD tetap memperhatikan protokol kesehatan. Menurut Bupati, pada masa pandemi seperti saat ini, bukan hal yang mudah menyelesaikan kegiatan mengerahkan banyak orang.

“Dengan komitmen kuat antara Kodim 0709 Kebumen, bersama masyarakat  Desa Sidogede, mampu untuk melaksanakan kegiatan TMMD ini dengan baik, lancar, dan berhasil,”ujar pria yang akrab disapa Gus Yazid itu.

blank
Bupati Yazid Mahfudz dan Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang memegang naskah kerja sama pelaksanaan TMMD Sengkuyung. (Foto:SB/Ist),

Bupati mengungkapkan, masyarakat Desa Sidogede menyambut baik kegiatan TMMD ini yang sudah diawali dengan kegiatan pembangunan talud sepanjang 143 meter di lokasi kegiatan fisik. Bahkan pra TMMD pun telah dilaksanakan sejak 22 Juni 2020 lalu dengan pekerjaan pembangunan rabat beton yang bersumber dari APBDes  tahun anggaran 2020.

“Ini menunjukkan bahwa rasa semangat memajukan desa dan semangat gotong royong antara masyarakat dan TNI secara nyata dapat terlihat dan kita rasakan,”tegas Gus Yazid.

blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berinteraksi dengan warga di lokasi TMMD Desa Sidogede, Kecamatan Pembun.(Foto:SB/Ist)

Setelah pembukaan, dilanjutkan tinjauan langsung ke lokasi TMMD di Desa Sidogede, Kecamatan Prembun. Kunjungan lapangan dipimpin oleh Wakil Bupati Arif Sugiyanto yang didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono dan Ketua DPRD Sarimun.

Komper Wardopo