blank
Suasana Musda MUI Kabupaten Purworejo. Foto: taletha

PURWOREJO (SUARABARU.ID) –Majelis Ulama Indonesia (MUI) diharapkan dapat membantu Pemkab Purworejo pada masa new habit (kebiasan baru) untuk ikut menyadarkan masyarakat akan pentingnya disiplin.

“Disiplin beraktivitas dengan kebiasan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan,” kata Bupati Purworejo, Agus Bastian, saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Kabupaten Purworejo hari ini (30/6) di RM Dargo Pangen.

“Saya percaya kedisiplinan maayarakat, juga atas kerja sama dukungan dan doa umat muslim, sehingga Kabupaten Purworejo bisa menekan angka penderita covid-19,” kata Bastian.

blank
Bupati Purworejo sedang memberikan sambutan. Foto: taletha

Sebagai mitra Pemerintah Daerah, MUI juga diminta untuk terus memberikan masukan dan solusi terhadap permasalahan pembangunan di daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kepala Kemenag Purworejo Bambang Sucipto, KH Achmad Al Nawawi, KH R Abdul Hakim Chamid, Ketua FKUB KH Djunaedi Djazuli, pimpinan ormas Islam dan pengurus MUI se-Kabupaten Purworejo.

“Peran MUI sangatlah penting dalam menciptakan keharmonisan. Fungsi yang paling nyata, MUI menciptakan hubungan harmonis interen umat Islam dan antar umat beragama lain, termasuk umat Islam dengan pemerintah,” imbuh Bastian.

Menurutnya, pelaksanaan Musda MUI Kabupaten Purworejo ini memiliki makna yang strategis sebagai wujud penyehatan dan pengembangan organisasi dan kiprah MUI Kabupaten Purworejo. Selama ini MUI dinilai telah berhasil dalam membangun dan mengembangkan suasana intelektual kaum muslimin di Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI Kabupaten Purworejo, KH Machin Sadzali yang ditunjuk untuk meneruskan Almarhum KH Abdullah Sarkowi menjelaskan bahwa,  Musda MUI dipercepat karena kondisi.

Masa bakti seharusnya berakhir pada Bulan April 2021, namun atas pertimbangan dan masukan dari pengurus MUI dan izin MUI semarang Musda dipercepat. Kurang berjalannya organisasi MUI sepeninggal ketua MUI  KH Abdullah Sarkowi serta adanya pandemi covid-19 menjadi pertimbangan Musda dipercepat.

Diharapkan kedepan MUI dapat lebih eksis dalam berperan terutama dalam membawa umat di Purworejo menjadi lebih baik.

Taletha-trs