Kepala Staf Kodim 0705/ Magelang, Mayor (Inf) Sudarno secara simbolis menyerahkan cinderamata bagi perwakilan komponen masyarakat. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

MAGELANG(SUARABARU.ID)-  Komunikasi sosial antara prajurit TNI AD dengan komponen masyarakat sangat perlu dijaga dan diteruskan dalam rangka menumbuhkan kepedulian dan kepekaan terhadap berbagai aspek.

Demikian amanat Komandan Kodim 0705/ Magelang Letkol (Czi) Anto Indriyanto yang dibacakan Kepala Staf Kodim 0705/ Magelang, Mayor (Inf) Sudarno menggelar kegiatan komunikasi sosial dengan pada acara Komunikasi Sosial dengan  komponen masyarakat di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Selasa (30/6).
Ia mengatakan, komunikasi sosial ini sangat berperan strategis dalam mewujudkan tugas pokok TNI AD sebagai bagian integral dari TNI. Yakni, menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sudarno mengatakan, TNI akan terus membutuhkan uluran tangan semua masyarakat Indonesia dalam mewujudkan pertahanan semesta, untuk itu ia berharap semua komponen bangsa agar _ersatu dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Totalitas dari keseluruhan kekuatan komponen rakyat dan sumber daya negara serta sarana dan prasarana nasional dibutuhkan guna mengantispasi berbagai bentuk potensi ancaman,” katanya.

Menurutnya, kegiatan komunikasi sosial ini juga bertujuan sarana silaturahmi dan menyamakan persepsi dalam menyikapi situasi kondisi wilayah bersama komponen masyarakat dari berbagai golongan dan profesi.

Menurutnya,  kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat ini diharapkan dapat memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bersama masyarakat Magelang sehingga tidak terjadi perpecahan.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Umat Beriman Magelang  ( PUBM)  Dahlan, menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0705/ Magelang ini. Dahlan mengatakan, kegiatan semacam itu diharapkan bisa menyatukan masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di wilayah Magelang ini agar dapat memperkokoh persatuan  dan kesatuan.

“Mari sebagai warga Kota dan Kabupaten Magelang kita memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan dilandasi semangat saling asih dan asuh,” katanya.

Sebelumnya, di tempat yang sama juga diselenggarakan komunikasi sosial dengan aparat Pemerintah Kota Magelang dan Pemerintah Kabupaten Magelang. Menurutnya, komunikasi sosial dengan aparat pemerintah tersebut betujuan untum memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI AD dengan aparat pemerintah.

Yakni, untuk  membangun persatuan dan kesatuan bangsa, pembumian nilai-nilai Pancasila serta wawasan kebangsaan bagi aparat pemerintah di daerah guna menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya untuk tercapainya tugas pokok TNI AD.

Yon-trs