Kapolres AKBP Jury Leonard Siahaan saat meninjau langsung pelaksanaan rapid test yang diikuti para personel Bhabinkamtibmas di lingkungan Polres Grobogan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Upaya pencegahan penyebaran covid-19 juga dilakukan di lingkungan kepolisian. Tak hanya melakukan protokol kesehatan saja, para personel juga mengikuti rapid test. Khususnya bagi para personel Bhabinkamtibmas di lingkungan Polres Grobogan.

Seluruh personel Bhabinkamtibmas dikumpulkan di Mapolres Grobogan. Mereka mengikuti rapid test yang digelar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Grobogan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini ditinjau langsung Kapolres Grobogan, AKBP Jury Leonard Siahaan. Pihaknya menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk seluruh personel Bhabinkamtibmas sebab mereka merupakan garda terdepan Polri dalam memberi perlindungan dan pelayanan serta mengayomi masyarakat. Khususnya di tengah pandemi covid-19 ini.

Petugas saat mengambil sampel darah dari anggota personel. Foto : hana eswe.

“Rapid test Bhabinkamtibmas ini merupakan wujud kepedulian terhadap para Bhabinkamtibmas karena mereka bertugas menjadi garda terdepan sebagai wujud representatif Polri di tengah masyarakat, sehingga kesehatan mereka di tengah pandemi covid-19 harus diperhatikan.”

“Kalau hasil rapid test ada anggota yang ternyata reaktif, maka kami wajibkan untuk melakukan isolasi secara mandiri,” tegas AKBP Jury.

AKBP Jury juga meminta supaya anggota Bhabinkamtibmas menciptakan hubungan baik dengan instansi samping maupun warga. Dengan harapan, dapat memperlancar dan mendukung semua kegiatan.

“Peran Bhabinkamtibmas juga harus lebih optimal dalam menghadapi pandemi Covid-19. Wajib mengetahui situasi dan kondisi di masing-masing wilayah terkait warga yang terpapar virus Corona. Bhabinkamtibmas juga wajib serta sering memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat, terkait protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” imbaunya.

Pada pelaksanaan rapid test ini, Paur Kes Polres Grobogan Ipda Hardono turut mengawasinya dari awal sampai akhir. Hasil rapid test yang diikuti para Bhabinkamtibmas yakni nonreaktif alias negatif.

 

Hana Esw