blank

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Sudah dua hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Magelang. Jumlahnya masih sama dengan sebelumnya.

Jumlah komulatifnya tetap 143 orang. Terdiri dari 15 orang dirawat, dua menjalani isolasi mandiri, empat meninggal dan 122 dinyatakan sembuh setelah hasil swab keduanya negatif.

“Sudah dua hari ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif baru. Namun kami berharap, seterusnya akan semakin banyak pasien yang sembuh, baik dari terkonfirmasi positif maupun pasien dengan pengawasan (PDP). Dengan begitu, pandemi ini akan segera berakhir dan masyarakat dapat menjalani tatanan kehidupan baru,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Sabtu (27/6/2020).

Sementara untuk PDP, kata Nanda, ada penambahan tiga PDP baru dari Kecamatan Borobudur, Muntilan dan Kecamatan Srumbung. Meski demikian, hari ini juga ada tiga PDP sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Salam, Dukun dan Kecamatan Secang. “Untuk jumlah komulatifnya kini menjadi 267 dari 216 orang sebelumnya. Terdiri dari 15 PDP yang masih dirawat, 33 meninggal dan 219 yang dinyatakan sembuh,” jelasnya.

Sedang untuk ODP, hari ini juga tidak ada penambahan baik yang lolos pantau maupun ODP baru. Sehingga jumlahnya masih tetap 27 orang. “Untuk pasien covid-19 yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota maupun di Kabupaten Magelang, saat ini tinggal 28 orang. Rinciannya, di RSUD Tidar tinggal satu orang, RSJ sembilan orang, RSUD Muntilan masih delapan dan RS merah putih ada 11 orang,” ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, lanjut Nanda, menandakan jika virus Corona masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi imbauan Bupati Magelang Zaenal Arifin. Yakni menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama di lingkungan masing-masing. Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

“Selain itu juga wajib memakai masker saat ke luar rumah, tidak berkerumun, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, sering mencuci tangan pakai sabun, konsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.
Eko Priyono-trs