Tenaga medis Covid-19.foto:Ilustrasi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus meminta seluruh warga untuk mewaspadai potensi penularan dari Jepara. Hal ini disampaikan menyusul terjadinya lonjakan kasus positif baru dari Jepara dalam beberapa hari terakhir.

Dari data yang ada, dalam dua hari ini di Kabupaten Jepara telah terkonfirmasi 65 pasien positif baru.  Dan total jumlah warga Jepara yang terinveksi Corona mencapai n185 orang.

Tingginya angka kasus positif baru tersebut  juga berpotensi besar menular ke Kudus mengingat banyak warga Kudus yang beraktifitas di Jepara atau sebaliknya.

Baca Juga: Hari Ini Pasien Covid-19 di Jepara bertambah 55 Orang

Sejauh ini, mobilitas warga Kudus ke Jepara atau sebaliknya memang cukup tinggi. Sejumlah industri di Jepara, banyak menggunakan tenaga kerja dari Kudus. Begitu pun sebaliknya, tak sedikit warga Jepara yang juga bekerja di berbagai perusahaan yang ada di Kudus.

“Ya kami mengimbau agar waspada, dan patuhi benar protokol kesehatan,”ujar juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus, dr Andini Aridewi, Minggu (21/6).

Disinggung mengenai kemungkinan dilakukannya penutupan akses bagi warga yang hendak pergi atau keluar Jepara, menurut Andini, kebijakan tersebut belum dilakukan. Hanya saja, imbauan agar warga tetap waspada akan terus dilakukan.

“Untuk penutupan akses atau pelarangan warga Kudus ke Jepara, sejauh ini belum ada kebijakan ke arah itu,”tandasnya.

Tambahan 9 Kasus Positif Baru

Sementara, untuk kondisi di Kudus, kata Andini, Gugus Tugas mencatatkan ada penambahan 9 kasus baru pada Minggu (21/6). Dari jumlah kasus baru tersebut, 5 diantaranya berasal dari Kudus, sementara 4 lainnya dari luar Kudus.

Untuk tambahan pasien dari Kudus diantaranya perempuan usia 33 tahun warga Undaan,laki-laki  42 tahun dari Undaan, kemudian seorang laki-laki 38 tahun asal Kecamatan Jati dan yang terakhir perempuan 27 tahun asal Kecamatan Jekulo.

Sementara, pasien dari luar wilayah tiga orang diantaranya dari Demak, dan satu dari Jepara.

Dengan tambahan kasus ini, kata Andini, total kumulatif kasus Covid-19 di Kudus mencapai 166 kasus, dengan jumlah kematian 11 kasus, dan kesembuhan 52 kasus. Dari jumlah yang terjadi, 114 kasus diantaranya merupakan warga Kudus dan sisanya dari luar Kudus.

Tm-Ab