Taruna tingkat II Akmil jalani ujian beladiri. Foto: eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 141 orang Taruna Tingkat II Akademi Militer (Akmil) Magelang melaksanakan uijian beladiri militer (BDM). Kegiatan itu dipusatkan di Laboratorium Departemen Jasmani Militer Akmil.

Ujian beladiri militer itu dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat (18-19 Juni).  Dipandu oleh tim penguji dari Departemen Jasmani (Depjas) Akmil. Kegiatan tersebut  bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan Taruna/Taruni Tingkat II Akmil TP 2019/2020 tentang Beladiri Militer. Itu dalam rangka mengetahui tingkat kemampuan yang dicapai, guna mendukung pelaksanaan tugas di masa mendatang.

Sebelum pelaksanaan ujian dimulai dilakukan pengecekan personil oleh Koordinator Materi Kapten Inf Agus. Kemudian dilanjutkan senam pemanasan yang dipimpin oleh Serka Laode.  Ujian BDM itu merupakan kegiatan akhir materi jasmani untuk Taruna Tingkat II sebelum nantinya akan naik ke tingkat III. Adapun materi yang diujikan adalah sikap-sikap beladiri militer, merubah arah delapan penjuru, teknik serangan dan teknik menghindar.

Kepala Tim Penilai, Mayor Inf Petrus Paren Sera memberikan penekanan kepada taruna sebelum pelaksanaan ujian dimulai. Penekanannya  dalam pelaksanaan kegiatan ujian harus serius dan maksimal.

Bagi taruna yang masih menunggu giliran supaya tetap tertib.  “Paling utama adalah selalu perhatikan faktor keamanan,” katanya.

Eko Priyono-trs