Jadwal prakiraan gerhana matahari cincin. Foto: antara

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Fenomena gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada Minggu (21/6/2020), oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), diperkirakan akan bisa disaksikan di 13 wilayah di Jawa Tengah.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko di Semarang, Sabtu (20/6/2020) menyampaikan, durasi terjadinya gerhana matahari cincin itu bervariasi, untuk tiap-tiap daerah.

Ke-13 daerah yang akan dilalui fenomena gerhana matahari cincin itu, masing-masing Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan, Batang, Kendal, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Purwodadi, Sragen, Rembang dan Blora.

BACA JUGA : Kapolri dan Panglima TNI Tengok Pasar dan Mal di Semarang

Dia menjelaskan, peristiwa alam itu bisa mulai dinikmati sekitar pukul 14.59 WIB. ”Durasinya bervariasi, antara 5 hingga 35 menit,” katanya.

Dia mencontohkan Kabupaten Batang, yang diprakirakan terjadi gerhana matahari cincin mulai pukul 15.14 WIB, dengan durasi sekitar 5 menit.

Sedangkan Kabupaten Pati yang akan mulai terjadi gerhana pada pukul 15.01 WIB dengan durasi sekitar 35 menit.

Gerhana matahari cincin merupakan fenomena yang terjadi, ketika posisi matahari, bumi dan bulan tepat segaris. Sehingga piringan bulan yang teramati dari bumi, lebih kecil dari matahari.

Pada saat mencapai puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, di mana sisi gelap pada bagian tengah dan terang pada bagian tepi.

Ant-Riyan