blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz didampingi Kepala Dinas Kesehatan Budi Satrio mengecek pelaksanaan rapid test di Masjid Agung Kauman, Jumat 19/6.(Foto:SB.Ist)

KEBUMEN (SUARABAU.ID) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen terus bergerak melanjutkan rapid diagnose tets (RDT) ke sejumlah pondok pesantren dan masjid. Pada Jumat (19/6) ini Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengecek langsung pelaksanaan  rapid test di Masjid Agung Kauman.

Rapid Diagnose Test tersebut dilakukan sehabis  Shalat Jumat di Masjid Agung Kauman. Sebanyak  50 orang jamaah masjid mengikuti pelaksanaan rapid test yang dipantau langsung oleh Bupati Kebumen Yazid Mahfudz.

“Hari ini Pemerintah Kabupaten Kebumen secara serentak melaksanakan rapid test di beberapa masjid di Kabupaten Kebumen. Saya memantau langsung rapid test yang diadakan Dinas Kesehatan Kebumen di Masjid Agung Kauman dengan harapan masyarakat benar-benar sehat dan terhindar dari Covid-19,” ujar Bupati.

blank
Petugas rapid test sedang maengambil ; darah dari seorang jamaah Masjid Agung Kauman, Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Menurut penuturan Bupati yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kebumen, Pemkab telah melaksanakan rapid test massal kepada sekitar 15.000 orang yang diadakan di lebih dari 26 titik. Di antaranya pasar kecamatan, masjid, panti asuhan, serta rumah sakit.

“Alhamdulillah mayoritas hasilnya negatif. Ada 3 yang dinyatakan positif diantaranya rapid test di Pasar Jatisari dan Pasar Karanganyar, serta 1 pasien di PKU Muhammadiyah Sruweng yang sudah dinyatakan sembuh,”ujar Bupati.

Bupati berpesan kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitas seperti kegiatan ekonomi, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19. Yakni dengan memakai masker dan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Bupati berharap masyarakat tidak takut namun tetap waspada. “Segera memeriksakan kesehatan jika mengalami gejala-gejala demam, batuk, dan flu,”tutur Yazid Mahfudz.

blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz disambut Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen yang juga Takmir Masjid Agung Kauman Moh Dawamudin Masdar.(Foto:SB/Ist)(FotoLSB.Ist)

Sebelumnya Bupati juga turut menunaikan Shalat Jumat di Masjid Agung Kauman. Bupati  pun mengapresiasi pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Agung dilaksanakan dengan protokol Ccvid-19, seperti personal distancing atau jaga jarak, pengukuran suhu tubuh, pembagian masker bagi jamaah yang tidak menggunakan, dan disediakan hand sanitizer oleh takmir masjid.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen A Dwi Budi Satrio yang mendampingi Bupati menyatakan, rapid test massal telah dilakukan di sejumlah masjid dan pondok pesantren, diantaranya Masjid Agung Kauman Kebumen, Pondok Pesantren Darussa’adah Kritig, Petanahan, Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu, dan Pondok Pesantren Al Hidayah Prembun.

Komper Wardopo