blank
Anggota APTI Kabupaten Temanggung membagikan masker secara gratis di Pasar Selopampang, Temanggung. Foto: Ant

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)– Sekelompok petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Selopampang.

Kepala Desa Selopampang Son Barwanto di Temanggung, Jumat, mengatakan pembagian masker itu sebagai upaya mengantisipasi penyebaran covid-19. Dia menjelaskan pembagian masker juga untuk mengantisipasi membeludak pengunjung di Pasar Selopampang karena beberapa pasar lain di Temanggung tengah ditutup karena dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Ditutupnya beberapa pasar tradisional tersebut tidak menutup kemungkinan jumlah pengunjung Pasar Selopampang dibanjiri orang dari luar Selopampang,” katanya.

Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19 di Pasar Selopampang, APTI Temanggung bersama perangkat Desa Selopampang membagikan ribuan masker kepada pengunjung dan pedagang di pasar.

Selain membagikan masker, katanya, dalam sepekan sekali Pasar Selopampang disemprot desinfektan. Penyemprotan dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kecamatan dan Desa Selopampang.

Dia mengatakan di sejumlah titik pasar juga sudah disiapkan tempat cuci tangan. Pihaknya juga sering melakukan sosialisasi tentang protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak kepada pedagang dan pengunjung pasar.

“Penataan los dan lapak pedagang juga sudah kami lakukan secara bertahap. Pasar desa ini memiliki sekitar 300 pedagang,” katanya.

Ketua APTI Agus Parmuji mengatakan sekitar 3.000 masker dibagikan secara gratis kepada pedagang maupun pengunjung Pasar Selopampang. Ia mengatakan APTI membagikan masker di Pasar Selopampang karena pasar yang berada di lereng Gunung Sumbing itu masih beroperasi seperti biasa meskipun sudah dilengkapi dengan protokol kesehatan.

“Ini salah satu bentuk kepedulian para pelaku pertembakauan di Temanggung untuk membantu mencegah penyebaran covid-19 di Temanggung,” katanya.

Ant-trs