Brosur pendaftaran Program Magister Hukum Universitas Semarang (USM).

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Program Pascasarjana Magister Hukum Universitas Semarang (USM) membuka pendaftaran mahasiswa baru periode Gasal 2020/2021 hingga tanggal 19 September 2020 di sekretariat kampus USM Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui pmbpasca.usm.ac.id.

”Kami membuka tiga konsentrasi yakni Hukum Bisnis, Hukum Pidana dan Hukum Ketatanegaraan. Calon pendaftar bisa minta informasi ke petugas pendaftaran dengan menghubungi Evi 085712185910 atau dengan Izzy 085741325260,” kata Kaprogdi MH USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Menurutnya, Program Magister Hukum USM telah terakreditasi B berdasarkan SK BAN-PT Nomor 4130/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2017. Program MH USM membuka kelas sore dan kelas eksekutif. Untuk kelas sore, kuliah dilakukan hari Senin sampai Kamis, sedangkan kelas Eksekutif kuliah hari Jumat dan Sabtu.

”Kami didukung tenaga pengajar berkualitas antara lain Prof Dr Muladi SH, Prof Dr Barda Nawawi Arief SH, Prof Abdullah Kelib SH, Dr Bambang Sadono SH MH, Dr Diah Sulistyani SH MHum, Prof Dr Drs Iriyanto Widisuseno MHum, Prof Dr Yusriadi SH MH, Prof Dr FX Joko Prasetyo SH MH, Pradjarta Dirdjosanjoto SH PhD, Dr Kadi Sukarna SH MH, Dr Rakhmat Bowo Suharto SH MH, Dr Amri P Sihotang SS SH MHum, Dr Soegianto SH MKn, Dr Dian Septiandani SH MH, Dr Drs Kukuh Sufarmanto SSos SH MM, dan Dr Zaenal Arifin SH MKn,” ujarnya.

Dia mengatakan, visi Program MH USM adalah menjadi program studi yang terkemuka dan bermutu berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan ilmu hukum yang memiliki keunggulan di bidang hukum bisnis, hukum pidana maupun hukum ketatanegaraan. Selain itu juga memiliki keunggulan kompetitif dalam mengembangkan ilmu hukum yang berwawasan global dan beretika.

Adapun misinya adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki daya saing tingkat nasional maupun global yang diorientasikan pada pengembangan bidang unggulan hukum bisnis,hukum pidana, dan hukum ketatanegaraan, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi akademik dan profesional yang bertanggung jawab kepada bangsa, negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

”Kami berharap, program MH USM bisa menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan kemahiran dalam hukum bisnis, hukum pidana dan hukum ketatanegaraan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral Pancasila. Selain itu juga menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan dan kemampuan teoritis, konseptual, dan keterampilan praktis khususnya dalam bidang hukum bisnis, hukum pidana, dan hukum ketatanegaraan,sehingga mampu mengambil bagian dalam proses pengembangan dan penyelesaian masalah hukum bisnis, hukum pidana dan hukum ketatanegaraan di tingkat nasional maupun global. Kami juga bertekad menghasilkan lulusan yang beretika, sehingga memiliki komitmen pada keadilan, kebenaran, kejujuran, dan kesejahteraan sosial berdasarkan Pancasilan dan UUD 1945,” tandasnya.

Untuk menunjang proses belajar mengajar, katanya, pihaknya menyediakan ruang kuliah, ruang seminar yang sejuk dan eksklusif. Kemudian laboratorium komputer dengan piranti lunak berupa paket-paket program terbaru, dan perpustakaan yang memadai dengan jurnal nasional, internasional serta didukung dengan internet dll.

Muha