blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menjadikan media transimi harus mengikuti perkembangan seprti halnya dengan serat optik yang sekarang banyak dipakai karena faktor kecepatan transmisinya.

Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi ( FTIK) Universitas Semarang (USM) terdiri dari Vensy Vydia,S.Kom, M.Kom, Surono, S.Kom, M.Kom. dan Galih Setiarso,S.Kom., M.Kom. menggelar pelatihan terkait fiber optik sebagai media transmisi telekomunikasi di Lab. TKJ SMKN 8 Semarang pada Selasa (16/6).

Menurut ketua tim, Vensy Vydia bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah dalam rangka penerapan teknologi Kabel Fiber Optik (FO) untuk menambah pengetahuan tentang pengkabelan menggunakan fiber optik yang sekarang ini semakin sering digunakan pada jaringan telekomunikasi.

blank“ Saat ini masyarakat masih minim pengetahuan tentang kabel serat optik terutamama bagi murid – murid SMK jurusan TKJ karena masih minimnya peralatan pendukung praktikum, implemetasi dilapangan mengunakan kabel fiber optik yang masih minim padahal kabel serat optik sekarang ini semakin banyak digunakan untuk kabel komunikasi data baik lokal maupun internasional” ungkap Vensy.

“Untuk kami melakukan pengabdian kepada masyarakat dnegan pelatihan secara teori maupun praktek cara pengupasan, penyambungan (Splecing), pembacaan warna kabel, peralatan yang digunakan untuk Splecing /penyambungan dan lain-lain” tambahnya.
Kedepan kami dari tim FTIK USM berharap, bisa bersinergi dan bekerjasama dengan SMKN 8 Semarang untuk kegioatan-kegiatan selanjutnya.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 8 Semarang Harti Spd MKom menyambut baik kegiatan ini dan berharap ada pengembangan kemampuan pengkabelan fiber optik ini tidak hanya berhenti dihari ini tapi bisa berlanjut pada pengembangan-pengembangan berikutnya pada pelatihan-pelatihan yang akan datang secara periodik di SMKN 8 Semarang dengan bekerja sama dengan FTIK USM.

USM