Mewakili Bupati Pacitan, Wabup Pacitan Yudi Sumbogo (berdiri di podium), menyampaikan penjelasan terkini penanganan Covid-19, termasuk dilaporkan adanya penambahan satu pasien baru yang positif corona.(Foto:Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Pacitan, Jatim, menginformasikan adanya penambahan kasus positif corona. Ini menyusul keluarnya hasil uji swab terhadap 21 spesimen, yang menyatakan satu diantaranya terkonfirmasi positif corona.

Wakil Bupati (Wabup) Pacitan, Yudi Sumbogo, menyatakan, telah keluar hasil pemeriksaan 21 spesimen swab yang menyatakan satu orang positif. Sehingga total yang terconfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pacitan sekarang menjadi sebanyak 17 orang. Demikian disampaikan Wabup, Jumat (12/6), kepada para awak media di Pendapa Kabupaten Pacitan.

Dengan bertambahnya kasus yang positif corona, Wabup Yudi Sumbogo, minta agar menjadi kewaspadaan bagi semuanya. Diharapkan, masyarakat selalu waspada menjaga diri bersama keluarganya masing-masing, yakni berdisiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan wabah corona dengan baik. ”Sehingga penularan wabah dapat dicegah,” tegasnya.

Dari Jakarta
Tim Humas Kabupaten Pacitan, Rizky, Luky dan Arif, mengabarkan, berbeda dengan kasus positif sebelumnya, yang diketahui dari klaster Sukolilo dan Temboro. Untuk satu pasien terbaru ini, belum  bisa terkonfirmasi pasti. Yang bersangkutan terdata sebagai warga Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jatim.

Kepada awak media, Wabup Pacitan, Yudi Sumbogo (berdiri di podium) menyampaikan adanya penambahan satu orang pasien positif corona. Dia datang dari Jakarta, sudah dalam kondisi sakit.(Foto:Humas Pacitan)

Sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Rumah Sakit (RS) Dokter Darsono, Pacitan, yang bersangkutan adalah PDP dari episenter Jakarta. Juru bicara GTPP Covid -19 Kabupaten Pacitan, Rahmad Dwiyanto, menyatakan, dia masuk Kabupaten Pacitan sudah dalam kondisi sakit, dan saat ini dirawat di rumah sakit.

Guna mengantisipasi resiko penyebaran, Satuan Gugus Tugas langsung melakukan tracing kepada orang-orang yang pernah dekat dengan pasien, untuk dilakukan uji swab. Perkembangan terakhir covid 19 di Kabupaten Pacitan, total akumulatif pasien positif corona mencapai sebanyak 17 orang. Lima  pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 12 lainya masih menjalani karantina dan perawatan.

Bambang Pur