blank
DARING: Diskusi online atau daring yang digelar USM dan UTM, dengan mengambil tema 'The Challenge of Education Change in Digital Transformation Era' ini, diikuti banyak peserta. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM), memperkuat kerja sama dengan menggelar Guest Lecture ‘The Challenge of Education Change in Digital Transformation Era’, dengan moderator dosen ilmu komunikasi USM, Errika Dwi Setya Watie MIkom, secara daring pada Rabu (10/6/2020).

Kegiatan yang digelar International Office USM ini, diikuti 250 peserta, baik mahasiswa maupun dosen melalui aplikasi Zoom, dari berbagai daerah. Di antaranya Semarang, Malang, Surabaya, Makasar, Aceh, Malaysia dan lain-lain.

Rektor USM Andy Kridasusila SE MM menyatakan, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar, terkait dengan tantangan perubahan gaya pendidikan di era baru ini.

BACA JUGA : USM Gelar Halal Bihalal Secara Daring

”Dengan adanya covid-19, kita sebagai pelaku industri pendidikan tinggi harus mampu memanfaatkan teknologi informasi, terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkap Andy.

Menurut dia, saat ini sudah ada hardware dan software yang bagus. Ini yang harus diimbangi dengan kemampuan yang kompeten terhadap informasi teknologi. ”Untuk itu, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala International Office D Angga Gunantar SPd MHum menambahkan, Guest Lecture ini menghadirkan narasumber, Manager Creative Multimedia & Learning Technologies (CMLT) Center of Academic Leadership, UTM Lead & Senior Lecturer School of Education Faculty of Social Science & Humanities Universiti Teknologi Malaysia, Dr Nurbiha A Shukor.

blank
Andy Kridasusila SE MM (Rektor USM). Foto: dok/ist

MoU
Angga menjelaskan, sebelumnya mahasiswa UTM telah mengkuti Summer Program di USM selama seminggu, yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

”Rencananya, MoU antara USM dan UTM akan langsung dilaksanakan. Namun karena adanya pandemi covid-19 ini, MoU dilakukan secara online. Dan MoU menyusul dengan dikirm via pos,” papar dia.

Dalam naskah kerja sama yang ditanda tangani itu, mencakup berbagai kerja sama, antara lain Join Publication, Join Research, Student Exchange, Staff and Lecture Excahnge, Sharing Knowledge, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan beberapa hal lainnya.

Selain itu, tujuan dari kerja sama ini antara lain juga membangun dan memperkuat kolaborasi dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara USM dan UTM, serta memperluas pengetahuan, terkait dengan perubahan pendidikan di era transformasi digital.

Riyan