blank
ANTREAN: Anggota Polres dan TNI/Kodim Blora, dengan sabar ikut mengawasi dan mengamankan antrean warga penerima BLT-DD 2020. Foto: dok/ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, menginstruksikan kepada seluruh jajarannya, untuk terjun langsung memantau dan mengawasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) 2020.

Diterjunkannya anggota Polres ini, agar penyaluran BLT-DD tepat sasaran, lancar, kondusif dan aman dari gangguan.

Berdasarkan pantauan pada beberapa wilayah di Kabupaten Blora, penyaluran bantuan penanganan dampak ekonomi dari pandemi covid-19 itu, diawasi langsung Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, yang ada di tiap-tiap Desa.

BACA JUGA : Jaga Udara Bersih, PEPC Bersinergi Tanam 25 Ribu Pohon Trembesi

Menurut Kapolres Ferry Irawan, Kapolsek harus ikut aktif turut memantau langsung kegiatan anggotanya, guna memastikan tidak ada suatu permasalahan. Selain itu juga, mengawasi pembagian bantuan dari pemerintah pusat ini, dari adanya penyalahgunaan.

”Sinergitas Bhabinkamtibmas dengan Babinsa ini, untuk mengawasi kegiatan pembagian bantuan, sekaligus mencegah kemungkinan adanya penyelewengan,” kata AKBP Ferry, Kamis (11/6/2020).

blank
SINERGI: Jalinan sinergitas antara Pemerintah Desa, Polri, TNI di Blora dalam pengamanan penyaluran BLT-DD 2020, sangat dirasakan manfaatnya. Foto: dok/ist

Anggota Bhabinkamtibmas diharapkan juga harus bisa memastikan penerapan kedisiplinan protokol kesehatan, saat penyaluran BLT-DD. Sebab, mekanisme penyaluran BLT-DD ini disalurkan di kantor desa masing-masing, dan berpotensi terjadinya kerumunan warga.

Bukan hanya mengawasi bantuan saja, petugas juga memastikan di setiap desa wajib menerapkan protokol kesehatan covid-19. ”Masyarakat penerima BLT-DD wajib memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak saat antre,” imbau dia.

AKBP Ferry Irawan berpesan, jika ditemukan adanya indikasi penyelewengan bantuan pemerintah untuk masyarakat ini, pihaknya akan melakukan tindakan hukum tegas.

Wahono-Riyan