TINJAU LAHAN - Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono didampingi Wakil Wali Kota Muhamad Jumadi dan sejumlah pejabat Pemkot tengah meninjau lahan yang akan digunakan untuk membangun sebuah SMS Negeri. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Harapan warga Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, untuk memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri, tidak lama lagi bakal terwujud.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono didampingi Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, Staf Ahli, Asisten dan para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tegal meninjau langsung lahan seluas kurang lebih 4,5 hektar di sebelah Barat Kelurahan Kalinyamat Wetan, Kecamatan Tegal Selatan, Jumat (5/6/2020).

Lahan tersebut direncanakan untuk sarana pendidikan berupa sekolah menengah umum, hal ini sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat setempat yang dalam zonasi pendidikan masyarakat Kecamatan Tegal Selatan khususnya para pelajar, kesulitan dalam memperoleh sekolah karena aturan zonasi tersebut.

“Yang ideal itu ketika sistem zonasi pendidikan sudah di terapkan, harusnya kementerian pendidikan harus tahu pasti bahwa di seluruh kecamatan di seluruh Indonesia itu paling tidak harus ada tempat sekolah dua tipe yaitu SMA Negeri dan SMK,” kata Wali Kota.

Dia juga menjelaskan dalam pembangunan suatu sekolah juga harus melihat standar pendidikan yang disyaratkan. “Standar yang ideal adalah setiap satu angkatan, kelas satu masing-masing 10 kelas dengan masing-masing kelas ada 30 siswa. Begitu juga untuk kelas 2 harus 10 kelas baru nanti yang kelas 3 juga ada 10 kelas dengan terbagi dua yaitu Jurusan IPA dan IPS,” jelas Wali Kota.

Untuk merealisasaikan semua itu direncanakan tahun depan akan segera dibangun sekolah tersebut. “Di Kecamatan Tegal Selatan kita sudah mempersiapkan ada 4,5 hektar untuk mempersiapkan SMA Negeri yang segera kita bangun, karena bagaimanapun ini salah satu kekurangan di Kota Tegal yaitu ada satu kecamatan yang tidak mempunyai SMA Negeri. Insya Allah tahun depan kita bangun agar tahun berikutnya selesai,” ujar Wali Kota.

Nino Moebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here