Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Paramitha Widya Kusuma memberikan bantuan sembako ke warga terdampak Rob di Desa Randusanga, Brebes. Foto: Harviyanto

BREBES (SUARABARU. ID) – Sampai dengan saat ini air pasang (Rob) masih menggenangi sebagian besar daratan di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes. Tingginya air pasang, membuat sejumlah rumah kemasukan air.

Bahkan jalan utama di desa setempat juga turut tergenang, sehingga menyulitkan warga untuk beraktifitas. Seperti tampak di depan balai desa setempat. Kondisi jalan utama menghubungkan ke pintu masuk Objek Wisata Pantai Randusanga Indah (Parin) tergenang hingga ketinggian 20 sentimeter.

Ahmad Zaeni warga desa setempat menyebut kalau bencana Rob kali ini lebih parah dibanding kejadian serupa di tahun 2017 silam. Pria yang dulu pernah menjabat sebagai kepala desa ini mengaku prihatin dengan kondisi yang terjadi di desanya.

Dia pun berharap rob segera berakhir, sehingga warga bisa kembali beraktifitas. “Banjir rob (air pasang) sore ini lebih parah daripada tahun 2017. Sampai detik ini air asin masih bertambah naik. Yaa Allah…..sudahilah bencana ini,”katanya.

Warga melintas di tengah genangan rob di depan Balai Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes. Foto: harviyanto

Sementara, guna meringankan kondisi warga yang terdampak rob sejumlah dapur umum kini sudah didirikan. Selain dari pemerintah, dapur umum juga turut didirikan oleh sejumlah aktivis masyarakat. Tidak ketinggalan juga bantuan datang dari salah satu anggota DPR RI, Paramitha Widya Kusuma.

Dia datang bersama tim untuk menyalurkan sembako bagi warga terdampak bencana di Desa Randusanga. Dalam kesempatan itu, Mitha meminta warga untuk bersabar dalam menghadapi bencana kali ini. Bantuan yang disalurkannya juga diharapkan bisa meringankan beban yang tengah dipikul warga. “Semoga sedikit membantu meringankan warga,”pungkas Mitha.

Harviyanto-trs