blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz didampingi Camat Karangsambung R Nurdin Santoso meninjau rapid test di Pasar Karangsambung, Kamis 4/6.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABAU.ID) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen melanjutkan rapid test massal di tiga lokasi di Kebumen utara, Kamis (4/6). Yaitu di Pasar Karangsambung, Pasar Soma Desa Gunungsari, Kecamatan Karanggayam dan Pasar Desa Pucangan, Kecamatan Sadang.

Bupati Yazid Mahfudz selaku Ketua Gugus Tugas meninjau pelaksanaan rapid test di Pasar Karangsambung dan Pasar Soma Karanggayam. Sedangkan Wakil Bupati Arif Sugiyanto memantau pelaksanaan rapid test massal di Pasar Desa Pucangan, Kecamatan Sadang.

Baca Juga: New Normal, Pergulatan Tak Terpapar, Tak Terkapar, Tak Lapar..?

Sebanyak 1.268 warga mengikuti rapid test massal di tiga pasar tradisional tersebut. Di Pasar Karangsambung jumlah pemeriksaan 444 orang, didapat hasil 433 orang non-reaktif dan 11 orang dinyatakan reaktif.

blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Sekda Ahmad Ujang Sugiono memantau rapid test dan aktivitas pedagang di Pasar Desa Pucangan, Kecaatan Sadang.(Foto:SB/Ist)

Selanjutnya di Pasar Soma, Desa Gunungsari, Kecamatan Karanggayam, jumlah pemeriksaan 425 orang, didapat hasil 418 orang non-reaktif dan 7 orang dinyatakan reaktif. Sedangkan di Pasar Desa Pucangan Kecamatan Sadang dengan jumlah pemeriksaan 399 orang didapat hasil 388 orang non-reaktif dan 11 orang reaktif.

Disela-sela peninjauan, Bupati dan Wakil Bupati memberikan sosialisasi tentang penanganan Covid-19 kepada para kepala desa dan relawan Covid-19 di masing-masing Kecamatan dan menyerahkan secara simbolis bantuan berupa masker, vitamin, APD dan peta zonasi Covid-19.

Meski hasil rapid test ada yang reaktif, Bupati Yazid Mahfudz meminta masyarakat tidak panik karena belum tentu hasilnya juga positif saat dilakukan tes swab. Masyarakat yang dinyatakan reaktif saat rapid test diminta mengisolasi secara mandiri sambil menunggu test swab.

Sedangkan bagi masyarakat yang non-reaktif, diimbau untuk terus menjaga protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Rapid Test berikutnya akan dilanjutkan di Pasar Giwangretno, Kecamatan Sruweng.

Komper Wardopo